Distan Dompu Siapkan Racun Tikus Gratis

Dompu (Suara NTB) – Serangan hama tikus yang diperkirakan telah mencapai 5 persen dari luas tanam padi mengharuskan upaya pengendalian hama. Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu menyiapkan obat pengendalian hama atau racun tikus secara gratis.

Kepala Bidang PLA Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, M. Ilham, SP kepada Suara NTB, mengungkapkan, upaya pengendalian hama tikus yang menyerang tanaman padi petani di Kecamatan Woja, Huu, Pajo dan sebagian wilayah Dompu tengah dilakukan. Upaya pengendalian dilakukan karena serangan hama tikus telah mencapai 5 % dan itu cukup besar. “Kita melakukan pengendalian hama dengan intensitas serang yang dilakukan,” katanya.

Iklan

Ilham mengatakan, selain pengendalian hama dengan obat yang diberikan secara gratis pihaknya juga mensosialisasikan kepada petani untuk memanfaatkan asuransi tanaman pertanian khususnya padi. Asuransi yang disubsidi pemerintah ini, petani cukup hanya membayar presmi Rp 30 ribu per bulan. “Bila tanaman petani mengalami gagal panen, asuransinya hingga Rp 6 juta per ha. Dari pada tidak sama sekali, itu jauh lebih baik,” kata Ilham.

Ilham juga mengatakan, pengendalian hama tikus ini sangat bergantung dari koordinator pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT) di masing – masing Kecamatan. Namun serangan hama tikus ini terjadi di 4 wilayah yaitu Woja, Huu, Pajo dan sebagian Dompu. Untuk obat umpan dan pengasapannya sudah tersedia di Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu. “Kemarin kita minta ke Provinsi itu karena stok di gudang kita sudah habis, tapi sekarang sudah tersedia,” ungkapnya. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional