Dispora dan ISSI NTB Bantah Tak Perhatikan Atlet Berprestasi

H. Surya Bahari. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, H. Surya Bahari menanggapi kabar soal adanya atlet balap sepeda BMX Freestyle asal Lombok Barat, NTB yang berprestasi internasional.

Terkait soal atlet cabang olahraga BMX Freestyle Losandia Oktadinata (30) asal Dusun Paok Kambut Desa Telaga Waru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat yang diberitakan telah berhasil mengharumkan nama NTB dan Indonesia di level dunia internasional itu baru diketahui oleh pihaknya. Sehingga wajar apabila atlet tersebut luput dari perhatian pemerintah, pengurus cabor maupun KONI NTB.

Iklan

“Saya pribadi baru mengetahui ada atlet BMX freestyle NTB yang berprestasi di level internasional. Bagaimana mungkin kita bisa memberikan apresiasi untuk atlet ini sementara kita baru mengetahuinya di media hari ini,” ucap H. Surya Bahari yang dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, Senin, 14 Desember 2020.

Dikatakannya, terkait dengan adanya pemberitaan soal atlet BMX freestyle yang berprestasi tersebut, pihaknya akan melakukan peninjauan di lapangan. Dalam hal ini pihaknya akan mengecek kebenaran prestasi atlet tersebut lewat pengurus cabor yang bersangkutan.

“Kami akan mengecek dulu, apakah benar atlet ini berprestasi internasional. Kalau benar atlet ini berprestasi maka kita (Pemprov) akan memberikan perhatian,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mengetahui kebenaran prestasi atlet BMX freestyle tersebut, pihak Dispora NTB akan langsung berkoordinasi dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) NTB selaku induk organisasi balap sepeda di NTB.

Surya menegaskan, Pemprov NTB selalu memberikan perhatian serius pada atlet berprestasi. Apalagi, atlet tersebut berprestasi di level internasional. Sehingga, Surya pun meminta kepada pengurus cabor-cabor untuk aktif melaporkan prestasi atlet mereka kepada Dispora NTB.

Di tempat terpisah, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) ISSI NTB, Hari Gunawan mengatakan bahwa prestasi atlet BMX freestyle asal Lobar sejauh ini belum pernah diterima oleh pihaknya. Bahkan pihaknya baru mengetahui prestasi atlet BMX freestyle NTB setelah membaca berita dari suarantb.com.

“Saya baru tau ada atlet BMX freestyle NTB berprestasi internasional setelah membaca berita online Suara NTB,” jelasnya.

Menurutnya, ketidaktahuan pihaknya terhadap prestasi atlet BMX freestyle tersebut karena memang kelas BMX freestyle belum dipertandingkan di Pra-PON maupun PON. Dalam hal ini untuk kelas BMX freestyle tidak dipertandingkan di ajang multi event nasional.

Dijelaskannya, atlet binaan Pengprov ISSI NTB selama ini merupakan atlet yang ikut kelas-kelas dipertandingkan di PON. Sehingga ia pun menilai wajar bila atlet tersebut tidak mendapatkan perhatian dari pengurus cabor, KONI NTB maupun Pemprov NTB.

Lanjutnya, terkait soal kondisi atlet BMX freestyle NTB yang saat ini dalam kondisi cidera akibat latihan, pihaknya selalu pengurus cabor akan memberikan perhatian.

Sebagaimana diberikan, atlet cabang olahraga BMX Freestyle Losandia Oktadinata (30) asal Dusun Paok Kambut Desa Telaga Waru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat berhasil mengharumkan nama NTB dan Indonesia di dunia internasional.

Pria yang akrab dipanggil Aseli ini mendulang berbagai prestasi dunia pada kejuaraan BMX di sejumlah negara. Terakhir dalam sebuah ajang yang diadakan secara virtual oleh Amerika Serikat sebagai kiblat BMX Freestyle, putra Lobar itu mendapatkan juara I. (fan/her)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional