Disperkim Lobar Segera Bangunkan Rumah untuk Korban Banjir di Labuan Tereng

Kepala Disperkim Lobar, H.L. Winengan (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) -Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lombok Barat (Lobar), H. L. Winengan mengatakan pihaknya memastikan Pemda akan membangunkan rumah untuk warga yang menjadi korban banjir di Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar. Bahkan pihaknya siap membangunkan rumah dalam waktu segera, asalkan ada lahan.

Winengan menegaskan, soal pembangunan rumah korban bencana banjir itu tidak ada masalah. “Kita siap dan segera bangunkan. Karena uangnya sudah ada, cuman lahannya harus ada, jangan suruh saya bangun di tanah orang. Kalau ada tanahnya minggu depan mulai kami bangunkan,”tegas dia, Selasa, 23 Februari 2021. Jika warga dapat memastikan kesiapan lahan dalam pekan ini, maka sesuai petunjuk bupati, pekan depan akan mulai dibangun rumah untuk warga yang rumahnya rusak diterjang banjir.

Iklan

Ia mengaku untuk pembangunan ini tidak mesti dari Pemda, akan tetapi sudah ada bantuan CSR dari pihak ketiga. Sesuai usulan desa bahwa jumlah rumah rusak terdampak sekitar 8 unit. Untuk membangun rumah ini, tidak mungkin dibantu semua. Minimal bisa dibantu Rp 30 juta termasuk ongkos tukang. Warga, kata dia, harus ikut berswadaya. Kesanggupannya membangun rumah warga ini disampaikan juga dalam rapat penanganan bencana yang dipimpin oleh Bupati Lobar, H Fauzan Khalid.

Sebelumnya, Senin lalu Bupati Lobar memimpin rapat penanganan banjir di dua dusun yakni Dusun Tibu dan Dusun Songkang, Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar, Jumat, 19 Februari 2021. Banjir tersebut mengakibatkan rusaknya tanggul sungai dan beberapa rumah warga. Bupati bersama Wakil Bupati Hj Sumiatun, Perwakilan Kodim 1606/Lobar, Wakapolres Lobar Kompol Taufik S.IP, Sekda Lobar H. Baehaqi, Assisten I Agus Gunawan, sejumlah Kepala OPD, BWS, Camat Lembar Hasanudin, Kepala Desa Labuan Tereng, Kepala Dusun Songkang dan Tibu. Dari rapat tersebut diperoleh kesimpulan pengerukan sungai akan dilakukan dengan alat berat, tanggul yang jebol dan rumah yang rusak akan langsung diperbaiki. (her)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional