Disperin NTB Perkuat Kapasitas Wartawan Terkait Industrialisasi

Pelatihan kepada puluhan wartawan di Provinsi NTB dalam rangka peningkatan kapasitas dan profesionalismenya. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Perindustrian Provinsi NTB menggelar pelatihan kepada puluhan wartawan di Provinsi NTB dalam rangka peningkatan kapasitas dan profesionalismenya. Untuk pertama kalinya OPD lingkup Pemprov NTB memberikan  perhatian khusus kepada para jurnalis di provinsi ini.

Kegiatan ini sekaligus dilanjutkan dengan dengan sertifikasi kepada wartawan agar profesionalisme wartawan di NTB mendapatkan pengakuan dari negara. Sebanyak 30 wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik, dari masing-masing kabupaten/kota diundang dan diberi pelatihan peningkatan kompetensi dan profesionalisme wartawan, selama tiga hari, sejak Selasa, 14 September 2021.

Iklan

Menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTB. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE, ME mengatakan, peningkatan kapasitas dan profesionalisme wartawan ini menjadi perhatian karena media menurutnya menjadi bagian penting dalam mensukseskan program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. terutama program industrialisasi yang dicanangkan oleg Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah dalam pembangunan NTB.

“Harapan kita nantinya  dapat berkontribusi  positif terhadap  upaya  peningkatan kinerja sektor industri dalam upaya mencapai sumberdaya manusia jurnalis yang lebih trampil dan kompetitif bermatrabat dan berintegrasi,” ujarnya. Dalam memasuki era industrialisasi, salah satu sasaran perkembangan industri adalah peningkatan sumber daya manusia dalam semua sektor, tidak terkecuali jurnalis.  Jurnalis dan media memiliki peran yang penting dalam memproduksi dan memberikan informasi yang seimbang dan akurat untuk masyarakat.

Khususnya para jurnalis lokal berada di posisi paling strategis untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dan menggulirkan isu serta mempengaruhi opini yang pada ujungnya diharapkan dapat membantu mempengaruhi kebijakan yang diambil oleh pemimpin. Untuk meningkatkan peran jurnalis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat serta menggulirkan informasi yang akurat dan terpercaya, kata Nuryanti diperlukan keterampilan mengolah informasi menjadi suatu pemberitaan yang berimbang dan andal, keterampilan jurnalis perlu ditingkatkan sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan dalam dunia jurnalistik.

Dinas perindustrian provinsi NTB juga dituntut agar dapat memberi ruang bagi jurnalis agar segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan OPD dapat disebarluaskan berita dan informasinya kepada masyarakat. Oleh karena itu Dinas Perindustrian dipandang perlu untuk melakukan peningkatan kapasitas sumber daya jurnalis melalui kegiatan Bimbingan Teknis untuk para Jurnalis. “Bimtek Jurnalis ini diharapkan ke depan terbangun sistem pengarus utamaan informasi yang berimbang, bermartabat dan berintegrasi. Terutama di sektor industri di NTB sebagai salah satu program prioritas daerah,” demikian Nuryanti. (bul)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional