Disperbun Dilempari Batu, Pegawai Panik, Kaca Kantor Pecah

Kaca jendela kantor Disperbun Kabupaten Bima yang pecah akibat terkena lemparan batu saat demo BEM STISIP Mbojo Bima di kantor setempat, Kamis, 30 September 2021.(Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan (Disperbun) Kabupaten Bima dilempari batu, saat puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STISIP Mbojo Bima menggelar aksi unjuk rasa di Kantor setempat pada Kamis, 30 September 2021.

Pantauan Suara NTB, lemparan batu itu membuat pegawai panik. Mereka nampak lari berhamburan keluar ruangan, untuk menghindari lemparan batu. Selain itu, tiga kaca jendela kantor ikut pecah. Kasubag Umum Disperbun Kabupaten Bima, Susma Windardhani S.TP, mengaku lemparan batu tersebut sangat mengganggu pegawai yang sedang fokus bekerja dan melayani masyarakat (petani.red).

Iklan

“Sangat terkejut dan panik. Hingga membuat semua pegawai keluar ruangan saat sedang bekerja,” katanya.

Selain itu, aksi lemparan batu tersebut membuat beberapa kaca jendela kantor pecah. Walaupun ada kerusakan, namun pihaknya belum mengambil langkah hukum. Insiden itu akan disampaikan ke atasannya. “Terkait hal ini termasuk tiga kaca jendela yang pecah akan kami laporkan dulu ke ibu Kadis yang kebetulan yang saat ini sedang tugas luar daerah,” ujarnya.

Aksi unjuk rasa mahasiswa memperingati hari Tani itu nyaris juga bersitegang atau ricuh dengan aparat Kepolisian. Hanya saja, ketegangan mampu diredam dan tidak berlangsung lama. Sementara tuntutan massa aksi, yakni mendesak Disperbun Kabupaten Bima untuk mencabut surat izin para pengecer dan distributor pupuk subsidi yang nakal. Mendesak menstabilkan harga bibit dan pestisida.

Selain itu mereka juga mendesak DPRD Kabupaten Bima, agar membuat dan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Petani dan mengatur standarisasi harga hasil pertanian. “Saya kira tuntutan ini harus kami sampaikan dan segera dipindahkan demi kesejahteraan petani,” kata Ketua BEM STISIP Mbojo Bima, Khairul. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional