Dispar Lotim akan Tingkatkan Kapasitas Pokdarwis

Widayat (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan meningkatkan kapasitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pokdarwis dinilai merupakan garda terdepan di Dispar yang memiliki peranan yang sangat strategis dalam mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada objek-objek wisata dibawah pengelolaan Dispar Lotim.

Hal ini diutarakan Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lotim, Widayat didampingi Kepala Bidang Destinasi Dispar Lotim, Samsul Hakim di kantornya, Senin, 17 Mei 2021 mengaku saat libur lebaran pekan lalu, ada sebuah insiden di Suryawangi. Ada warga yang melayangkan protes keras kepada pokdarwis, karena merasa diperlakukan tidak baik mengenai pembayaran tiket masuk kawasan.

Iklan

Protes warga tersebut dianggap sebagai bagian dari koreksi dari pelayanan. Diakuinya, konsumen merupakan raja dan penguna jasa di areal objek wisata tidak pernah salah. “Kami dari para penyedialah yang salah, koreksi bagi dan kami tingkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan,” terangnya.

Dispar menyadari pokarwis sebagai ujung tombak pariwisata akan terus ditingkatkan kapasitas dan pengetahuannnya dalam memberikan pelayanan. Terlepas dari kasus di Suryawangi, Dispar Lotim sudah mengagendakan akan melatih pokdarwis dan para pelaku wisata lainnya.

Di samping itu, pada objek-objek wsata yang berada di bawah kendali Dispar akan diperbaiki fasilitas pendukungnya. Termasuk informasi-informasi berisi keterangan berlakunya penarikan retribusi masuk kawasan objek wisata.

Tidak  ditampik seperti di Suryawangi, papan informasi masuk kawasan terlalu kecil dan perlu diperbesar. “Ke depan akan kita buat yang lebih jelas lagi,” tegas Samsul Hakim menambahkan. Khusus di Suryawangi ini diakui karena terbentur jalan, sehingga yang bisa digunakan tidak bisa seluruh badan jalan. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional