Disnakertrans KSB Surati AMNT Terkait Naker Lokal

H. Muslimin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyatakan, telah melayangkan surat ke PT Amman Nusa Tenggara (AMNT). Dalam suratnya tersebut, Disnakertrans meminta perusahaan operator tambang Batu Hijau itu memprioritaskan pelibatan tenaga kerja (Naker) dalam setiap proses rekrutmennya.

“Kita sedang tunggu balasannya. Tapi yang kita tekankan dalam surat itu agar mereka prioritaskan Naker (lokal). Baik itu oleh AMNT dan aliansinya termasuk juga mitra kerjanya,” sebut kepala Disnakertrans KSB, H. Muslimin. HMY.

Iklan

Tidak sekedar memprioritaskan Naker lokal, Muslimin mengungkapkan, masih dalam suratnya tersebut. Pihaknya juga secara rinci meminta kepada PTAMNT tak membedakan status para Naker lokal. Baik itu mantan karyawan yang sempat keluar karena dipecat atau pun habis masa kontrak tetap harus diakomodir. “Selama Naker lokal kita memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan harus mereka rekrut. Jadi tidak boleh lagi ada istilah blacklist, kami minta perusahaan akomodir mereka semua tanpa terkecuali,” tegasnya.

Menurutnya, pertimbangan surat tersebut dilayangkan dalam rangka menindaklanjuti implementasi kebijakan Pemda mengenai prioritas Naker lokal oleh perusahaan di daerah. “Ini sekaligus juga upaya kita membuka peluang lokal tetap mendapat pekerjaan di tengah kondisi pandemi. Karena untuk cari kerja ke luar daerah pasti sulit kan,” timpal H. Muslimin.

Selain soal prioritas Naker lokal, selanjutnya mantan kepala Dinas ESDM KSB ini menyatakan, pemerintah juga telah menyurati PTAMNT mengenai penerapan roster kerja perusahaan. Pemda KSB meminta segeranya dilakukan evaluasi terdahap pemberlakuan roster kerja 8 – 2  (8 minggu kerja dan 2 minggu libur). Sebab sebelumnya PTAMNT telah berjanji pemberlakuan roster kerja itu hanya akan berlangsung hingga akhir tahun 2020 lalu.

“Malah karena pandemi corona kan mereka tambah 2 minggu lagi untuk karantina. Makanya kita perlu penjelasan sampai kapan mereka mau terapkan roster itu,” pungkasnya. (bug)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional