Diskop UKM akan Kawal Sentra Industri Logam

L. Saswadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc telah memerintahkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) dan Dinas Perindustrian (Disperin) mengawal pengembangan sentra industri logam dan permesinan di Lombok Timur (Lotim). Diskop UKM akan berkoordinasi dengan Disperin untuk melakukan pemetaan atau pendataan pelaku industri logam dan permesinan yang ada di sana, termasuk untuk pengembangan produknya.

‘’Saya mengawal dari sisi kewirausahaaannya termasuk permodalannya. Intinya nanti, mesin-mesin (pengolahan) itu dibuat di sini, NTB,’’ kata Kepala Diskop UKM NTB, Drs. H. L. Saswadi, MM dikonfirmasi Suara NTB, kemarin.

Iklan

Saswadi menjelaskan industri logam dan permesinan sudah berkembang di NTB. Bahkan sudah ada yang mampu membuat mesin pemipil jagung. Namun ia belum mengetahui berapa jumlah pelaku usaha industri logam dan permesinan yang ada di Lotim secara khusus dan NTB secara umum.

‘’Belum saya data itu industri logam dan permesinan. Besok saya koordinasi dengan Kadis Perindustrian, kita mau turun,’’ ujarnya.

Mantan Penjabat Bupati Lombok Barat (Lobar) ini menambahkan produk-produk industri permesinan ke depannya akan dikembangkan secara massif. Apabila ada produk permesinan yang baru, akan ditiru untuk dikembangkan di NTB.

Saswadi menambahkan, daerah akan maju apabila industri berkembang. Pasalnya, apabila industri berkembang maka banyak sektor lainnya yang akan ikut bergerak. Mulai dari hulu sampai hilir akan berkembang sampai dengan pasarnya.  (nas)