Dishub Kota Bima Tegaskan KM Gandha Nusantara 9 Tetap Beroperasi

Kapal Rede KM Gandha Nusantara 9, saat memuat penumpang yang hendak ke kota di Pelabuhan Kananta Kecamatan Soromandi, Jumat (23/4). (Suara NTB/Dishub Kota Bima)

Bima (Suara NTB) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, menegaskan Kapal Rede KM Gandha Nusantara 9 tetap beroperasi. Memanfaatkan Pelabuhan Bima menuju Kananta di Kecamatan Soromandi, sarana transportasi laut tersebut siap meringankan beban warga di Kabupaten dan Kota Bima.

Kepala Bidang Perhubungan Dishub Kota Bima, Ismail, SH., kepada Suara NTB di kantornya, Jumat, 23 April 2021 menyampaikan, setelah mendengar kabar adanya pembatalan operasi KM Gandha Nusantara 9, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PT. Pelni selaku pengelola pelayaran laut.

Iklan

Hasilnya, kepal penumpang tersebut dipastikan tetap beroperasi, bahkan sudah berlangsung sejak 10 April 2021. “Jadi tetap beroperasi, tidak ada pembatalan. Itu hasil konsultasi saya dengan PT. Pelni,” ungkapnya.

Sesuai kesepakatan bersama sebelumnya. Kapal Rede KM Gandha Nusantara 9, akan berlayar dari Pelabuhan Bima menuju Kananta. Pelabuhan Kananta, tegas Ismail, satu dari sekian pelabuhan yang dinilai memenuhi kriteria dan layak menjadi tempat bersandarnya kapal tersebut. Baik dari segi kekuatan dermaga maupun kedalaman air. “Pelabuhan sudah sangat layak, malah itu yang dicari kapal ini. Kalau bermasalah di dermaga bisa juga nyandar di pasir, ketimbang di Sai lebih parah,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, kapal penumpang dengan kapasitas lebih kurang 50 orang tersebut baru menetapkan jadwal trayek satu kali dalam seminggu, tepatnya pada hari Sabtu. Namun demikian, ini masih sangat mungkin berubah tergantung perkembangan kondisi cuaca di wilayah perairan.

Dengan hadirnya KM Gandha Nusantara 9, ia berharap, aktifitas perekonomian masyarakat bisa tumbuh pesat, sebab warga kabupaten tidak perlu lagi keliling menghabiskan biaya besar untuk mengakut hasil pertanian dan kekayaan alam lain ke wilayah kota. “Begitu juga sebaliknya untuk masyarakat kota. Jadi kehadiran sarana transportasi laut ini akan sangat membantu masyarakat,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional