Dishub Kota Bima Buka Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor

Ismail M Rasyid. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, akhirnya membuka layanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), tepatnya di Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda. Sarana untuk memastikan kelayakan operasional kendaraan tersebut, rencananya diresmikan dan mulai beroperasi Oktober 2021.

Kepala Bidang Perhubungan Dishub Kota Bima, Ismail M Rasyid, SH., kepada Suara NTB di kantornya, Kamis, 30 September 2021 menyampaikan, jika selama ini hanya bisa sebatas mengeluarkan surat rekomendasi untuk pemeriksaan fisik kendaraan di Dompu. Mulai Oktober, wilayah ini sudah membuka pelayanan tersebut secara mandiri. “Oktober ini sudah mulai beroperasi, karena sudah lengkap alat-alatnya,” terang dia.

Iklan

Dengan dibukanya unit pelayanan itu, setiap kendaraan yang berakhir masa berlaku KIR-nya bisa melakukan pembaharuan. Tentunya harus membawa kendaraan untuk melalui pemeriksaan fisik.

Fasilitas tersebut, kata Ismail, selain untuk memastikan kendaraan yang memuat penumpang dan barang layak beroperasi, juga sangat potensial menjadi salah satu Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Biaya pemeriksaan tetap ada, itu tertuang dalam Perda. Dan ini nanti akan menjadi PAD bagi daerah,” jelasnya.

Disamping membuka layanan PKB, kedepan pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap kendaraan yang memuat material bangunan seperti pasir, tanah uruk, kerikil dan sejenisnya.

Bagi kendaraan yang tidak menutup bak kendaraan dengan terpal, akan ditindak sesuai Perwali dan instruksi terbaru Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE. “Kita sudah bentuk tim itu untuk melakukan patroli dan menindak jika menemukan pelanggaran di lapangan,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional