Dishub Imbau Pengelola Kendaraan Umum Patuhi Protokol

Julkifli. (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, Ir. H. Julkifli, M.Ap menghimbau semua pengelola kendaraan angkutan umum yang keluar masuk Kota Bima mematuhi kebijakan protokol pengendalian transportasi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pengendalian transportasi tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor PM 41 Tahun 2020 dan perubahan atas Permenhub nomor PM 18 Tahun 2020 untuk pencegahan penyebaran virus.

Iklan

Ia mengaku berdasarkan Permenhub itu, semua angkutan umum diperbolehkan hanya memuat sebanyak 70 persen penumpang, dari jumlah kapasitas tempat duduk kendaraan dengan pemberlakuan tarif normal.

“Untuk pemesanan atau pembelian tiket hanya dilakukan secara online atau di kantor penyelenggara atau pool angkutan umum,” katanya, Kamis, 18 Juni 2020.

Kata dia, kendaraan angkutan umum dalam trayek wajib, menurunkan dan menaikkan penumpang di terminal. Serta wajib memiliki surat jalan yang telah dicap atau stempel oleh Kepala atau koordinator terminal penumpang.

“Semua awak kendaraan angkutan umum dan penumpang harus dipastikan dinyatakan sehat yang diperbolehkan masuk ke dalam kendaraaan,” katanya.

Selain itu lanjutnya semua awak kendaraan angkutan umum yang bertugas wajib menggunakan masker dan sarung tangan selama bertugas. Memastikan adanya pembatas antara ruang supir dan ruang penumpang.

“Melakukan penyemprotan desinfektan kendaraan paling sedikit 3 jam sebelum dan sesudah beroperasi baik di bagian luar maupun bagian dalam kendaraan,” ujarnya.

Sedangkan untuk penumpang angkutan umum, wajib memenuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti mengukur suhu tubuh penumpang sebelum menaiki kendaraan. Suhu tubuh di atas 380 derajat celcius tidak diperbolehkan menaiki kendaraan.

“Wajib memakai masker selama perjalanan dan menerapkan jaga jarak fisik dalam kendaraan. Penumpang kondisi tidak sehat tidak diperbolehkan melakukan perjalanan,” pungkasnya. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional