Disbudpar Dompu Buka Tiga Objek Wisata

Khairul Insyan. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, sudah membuka tiga objek wisata sebagai percontohan di tengah pandemi Covid-19 ini. Satu diantaranya yakni Moyo di Pulau Sumbawa. Sementara untuk keterwakilan Kabupaten/Kota Bima dan Dompu, belum ada satupun yang diizinkan. Baik pendakian Gunung Tambora maupun wisata pantai Lakey.

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tak mau berdiam diri. Mereka ngotot membuka semua objek wisata untuk membantu perekonomian para pelaku wisata yang kian terpuruk akibat penutupan selama beberapa bulan terakhir.

Iklan

“Coba kita lihat para palaku wisata Lakey ini, perekonomian mereka sangat terpuruk kalau semua ditutup. Saya yakin pemerintah yang lebih atas juga akan memahami,” ungkap Kadisbudpar Dompu, H. Khairul Insan, M.Si, di sela pelatihan tata kelola pariwisata.

Keputusan membuka semua objek wisata ini, lanjut dia, tentunya tetap mengedepankan protokol pencegahan serta penanganan Covid-19. Seperti mengharuskan pelaku wisata menyediakan fasilitas cuci tangan pada objek wisata yang dikelola. Pun aktif mengingatkan pengunjung agar selalu menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kalaupun kebijakannya dinilai memaksakan kehendak, menurutnya tidak demikian. Karena keputusan yang diambil semata-mata untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. “Mau tidak mau harus dibuka kembali dari pada perekonomian masyarakat terpuruk. Untuk mengantisipasi kerumunan kita akan memberi himbauan,” jelasnya.

Selain pertimbangan ekonomi pelaku wisata, langkah ini diambil lantaran daerah sudah kembali berstatus zona hijau. Hanya saja, disadari keputusannya akan jauh lebih baik ketika didukung Pemprov NTB dengan mencabut instruksi penutupan wisata yang sudah diterbitkan beberapa bulan lalu. Sehingga pengelola dan penggunjung bisa dengan nyaman beraktifitas di objek wisata. “Mudah-mudahan dengan zona hijau ini juga kita cepat kembali ke kehidupan normal,” pungkasnya. (jun)

  Malam Pergantian Tahun, Bandar Sabu di Dompu Diringkus Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here