Dirut ITDC: Pembangunan Hotel di Mandalika Kembali Berjalan

Konstruksi Hotel Pullman di KEK Mandalika. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, mengatakan untuk pembangunan hotel di dalam kawasan The Mandalika guna mendukung gelaran MotoGP saat ini sudah mulai berjalan. Sebelumnya, proses pembangunan hotel di dalam kawasan The Mandalika sempat terhenti, dampak dari gempa yang melanda Pulau Lombok.

‘’Tapi sekarang pembangunan hotel sudah mulai berjalan-jalan,’’ tegasnya.

Ia mengatakan, sejauh ini sudah ada tiga hotel yang proses pembangunannya tengah berjalan. Menurutnya, masih cukup waktu untuk bisa mengejar target penyelesaian sampai digelarnya balapan MotoGP tahun 2021 mendatang. ‘’Masih ada waktu satu setengah tahun. Jadi masih bisa dikejar,’’ tegasnya.

Demikian juga dengan pembangunan hotel. Tidak akan sampai mempengaruhi proses pembangunan sirkuit maupun gelaran balap MotoGP itu sendiri. Balapan tetap akan digelar. Karena untuk hotel, masih banyak hotel di sekitar kawasan The Mandalika. Begitu pula di kawasan Mataram, Senggigi maupun Bali.

‘’Penonton balap MotoGP tidak mesti menginap di dalam kawasan. Justru nanti banyak yang datang dari luar. Seperti halnya balapan MotoGP di Thailand. Karena kita sangat dekat Mataram, Senggigi ataupun Bali,’’ tambahnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pembebasan lahan yang belum tuntas di Sirkuit MotoGP Mandalika sudah tidak ada masalah.

Menurutnya, pembebasan lahan sejauh ini sedang berjalan. Tinggal beberapa hektar saja. Tapi seiring waktu, semua pasti bisa diselesaikan.

‘’Tadi Pak Sekda (Loteng) melaporkan untuk pembebasan lahan masih berjalan dan tidak ada kendala berarti. Dengan kata lain, proses pembebasan lahan pasti tuntas,’’ imbuhnya.

Lagi pula, imbuhnya, pembangunan sirkuit ini kan bagian dari usaha untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini. Yang tentunya masyarakat pasti mendukung.

Karena dengan adanya MotoGP daerah akan berkembang. Yang pada akhirnya akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat itu juga. ‘’Semua (pembangunan) kan niatannya baik. Sebab ini (MotoGP) juga untuk membantu kesejahteran dan kemakmuran rakyat di sekitar kawasan Mandalika juga,’’ katanya.

Selain mengecek proggres pembangunan sirkuit MotoGP, Luhut juga mengecek kesiapan rencana pengembangan Lombok International Airport (LIA) dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika tahun 2021 mendatang. Termasuk lokasi pembangunan rumah internasional yang nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan untuk event balap MotoGP Mandalika. (kir)