Dipicu Petasan, Tiga Rumah Hangus Terbakar

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sebanyak enam rumah di dusun Padesa B desa Padesa kecamatan Lantung ikut terbakar sekitar pukul 11.55 WIB, Minggu (20/5) kemarin. Tiga diantaranya hangus terbakar. Dugaan sementara, insiden ini dipicu ulah anak anak yang bermain petasan. Dengan total kerugian diperkirakan diatas Rp500 Juta.

Sebagaimana diungkapkan Camat Lantung, Drs. Iwan Sofyan, awalnya api berasal dari rumah Ibu Masdah. Kemudian merembet ke rumah Nahmuddin hingga ke rumah Idham. Ketiga rumah tersebut ludes terbakar. Sedangkan tiga rumah lainnya yang ikut terbakar sebagian, yakni yakni rumah milik Muhammad Ms, Pancanuddin dan Mastar.

Iklan

Warga sebenarnya telah berusaha memadamkan api secara bergotong royong. Dengan mngambil air dari sumur sumur milik masyarakat. Mengingat petugas Pemadam Kebakaran baru bisa dihubungi pukul 12.15 WIB melalui Sekcam yang juga Carateker Kades Padesa.

Dari hasil identfikasi sejauh ini, perkiraan total kerugian untuk tiga rumah yang terbakar mencapai Rp600 Juta. Termasuk didalamnya kerugian mesin traktor, gabah dan sepeda motor yang ikut terbakar. “Kami langsung membentuk Posko Bencana di Padesa,” terangnya.

Bantuan seadanya juga telah disalurkan kepada korban kebakaran. Seperti lauk pauk dan pakaian bekas dari Sumbawa. Bantuan dar PMI Sumbawa berupa mie nstan dan paket ikan kaleng. BPBD Sumbawa pun telah turun melakukan pendataan. (arn)