Diperketat, Layanan Perpustakaan SMAN 1 Mataram

Salah satu siswa SMAN 1 Mataram sedang melakukan peminjaman buku di hadapan petugas perpustakaan. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Keberadaan perpustakaan sekolah sangat penting di tengah berlangsungnya proses belajar mengajar siswa di sekolah. Tanpa layanan perpustakaan sebagai pendukung penting, proses pembelajaran bisa jadi terhambat.

Di masa simulasi pembelajaran normal baru ini, perpustakaan sekolah tetap membuka pelayanan pinjam meminjam buku. Di SMAN 1 Mataram layanan perpustakaan tetap buka. Sempat tutup lantaran beberapa siswanya positif Covid-19, kini layanan perpustakaan di tempat ini kian diperketat.

Iklan

“Layanan perpustakaan tetap buka sesuai dengan protokol kesehatan super ketat,” kata Kepala Perpustakaan SMAN 1 Mataram, Murni Kurnia, Jumat, 15 Januari 2021.

Dikatakan layanan perpustakaan sangat dibutuhkan para siswa. Ada dua model pelayanan bisa melakukan peminjaman langsung bisa juga melalui layanan peminjaman daring.  “Mereka tetap minjam buku tetap kita layani,” paparnya.

Diakuinya, ada buku yang dipinjam sekali setahun. Ada pula buku yang dipinjam satu seminggu sekali. Buku yang dipinjam sekali seminggu merupakan buku jenis peminatan. Jika siswa tidak bisa datang melakukan peminjaman atau perpanjangan bisa dilakukan daring.

“Pola ada yang satu tahun buku dan satu minggu buku peminatan. Bisa perpanjang lewat WA petugas,” tegasnya.

Meski tetap membuka layanan, pihak pengelola tetap memperhatikan aspek kesehatan para pengunjung. Penegakan protokol kesehatan di seluruh area perpustakaan jadi super prioritas. Untuk itu seluruh syarat pemenuhan kesehatan terus dipenuhi.

“Penerapan protokol kesehatan di depan pintu dipasang hand sanitizer tempat duduk lesehan diatur berjarak di bawah lesehan juga. Tetap melayani tapi sesuai dengan protokol kesehatan,” sambungnya.

Sementara untuk jenis koleksi buku yang dimiliki perpustakaan, Murni Kurnia mengklaim memiliki koleksi cukup lengkap baik koleksi buku fiksi maupun buku non fiksi. “Jenis koleksi kota fiksi dan non-fiksi,” tuturnya. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional