Dipacu Revolusi Mental Melalui Keluarga

Kota Bima (Suara NTB) – Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIII tahun 2016 tingkat Provinsi NTB, berjalan lancar dan khidmat. Acara itu dipusatkan di lapangan Serasuba Kota Bima, Selasa, (20/9).

Acara itu, dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI Dr. Surya Chandra Surapati, Wakil Gubernur NTB Muh. Amin, SH, Ketua Penggerak PKK Provinsi NTB Hj. Erika M. Zainul Majdi, Kepala BKKBN Provinsi NTB, Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin,Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Ketua TP PKK dan GOW Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB.

Iklan

FOTO-1

Kepala BKKBN RI menyerahkan Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Ketua TP. PKK Prov. NTB

Kepala BKKBN RI, Surya Chandra Surapati mengatakan, Harganas ke XXIII merupakan momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan keluarga, agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas. Yang berintegritas, beretos kerja dan bersemangat bergotong royong.

FOTO-2

Harganas di Kota Bima juga dihadiri seluruh Ketua TP. PKK Kabupaten /Kota se NTB

“Untuk itu BKKBN berinisiatif melakukan revolusi mental berbasis pancasila melalui keluarga. Inisiatif ini akan diawali dengan penyusunan buku.” katanya.

FOTO-3

Laporan Ketua Panita Harganas Tk. Provinsi NTB Hj. Samsiah M. Amin

Diakuinya momentum Harganas tahun ini juga dapat dijadikan daya ungkit untuk memperkuat sinergi. Bentuk kerja keras serta peran aktif masyarakat danantara BKKBN, PKK, Pemprov NTB dan Pemda Kota/ Kabupaten dan semua sektor di NTB untuk mewujudkan Indonesia Sejahtera.

FOTO-4

Peninjauan Stan Pameran Produk Unggulan UPPKS dan UKM Oleh Kepala BKKBN RI dan Wakil Gubernur NTB

“Dengan meningkatkan derajat kesejahteraan keluarga merupakan hal yang mendasar dalam pembangunan karena keluarga merupakan pondasi struktur bangsa dan negara yang kokoh,” ujarnya.

FOTO-5

Penandatanganan MoU antara Kepala Perwakilan BKKBN Prov. NTB dengan Direktur RSUD STIKES Mataram Cabang Bima dalam rangka pelayanan KB MKJP di RSUD STIKES

Sebelumnya Hj. Syamsiah M. Amin, selaku Ketua Panitia HARGANAS TK.Provinsi NTB menyampaikan laporan peringatan Harganas. Dikatakan HARGANAS tahun 2016 ini mengusung tema ‘Hari Keluarga Nasional merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera’ dengan moto ‘Keluarga berkarakter, Indonesia Jaya’.

FOTO-6

Kuliah Umum Kependudukan oleh Kepala BKKBN RI di STISIP Mbojo Bima

“Harganas merupakan momentum untuk memperbaiki kualitas kehidupan keluarga secara berkelanjutan,” katanya.

Wakil Walikota Bima, H. Arahman H. Abidin SE, merasa terhormat karena Kota Bima ditunjuk sebagai tuan rumah Harganas XXIII tahun 2016 ini. Kehormatan ini menurutnya, semakin sempurna karena dihadiri Kepala BKKBN RI. “Saat ini Kota Bima sedang giat giatnya melaksanakan pembangunan di segala bidang, bukan saja pembangunan fisik, namun juga di bidang mental spiritual,” katanya.

FOTO-7

Gerak jalan santai keluarga dilepas oleh Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin SE

Sementara itu, Wakil Gubernur, H. M. Amin SH menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi kita di NTB adalah tertinggi di Indonesia dengan persentase 9,9 %. Untuk itu momentum ini sangat tepat bagi semua pihak untuk terus membuka peluang bagi usaha-usaha lain.

FOTO-8

Penyerahan hadiah dan tropi kepada para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Harganas 2016 Tingkat Provinsi

“Inflasi harus terkendali dengan baik, sehingga masyarakat tercukupi kebutuhannya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Kepala BKKBN memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin dan Ketua penggerak PKK Provinsi NTB Hj. Erica Zainul Majdi.

FOTO-9

Konvoi sepeda motor para Penyuluh KB (PLKB) se NTB mengitari Kota Bima

Penghargaan itu diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berkomitmen terhadap penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan keluarga di daerah yang dipimpinnya. Selain itu diberikan pula penghargaan dan bantuan kepada kepada para kader atau motivator KB yang ada di Kabupaten/Kota Propinsi NTB atas keberhasilan mendukung dan menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

FOTO-10

Promosi KB melalui konvoi mobil unit penerangan KB dan angkut akseptor KB

Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan Harganas tahun 2016, seperti pameran gelar dagang produk-produk UPPKS, lomba mewarnai, jalan sehat dan senam, sosialisasi Genre Ceria, workshop kesehatan reproduksi , konvoi PLKB, puncak acara peringatan Harganas 2016 dan kunjungan gelar dagang, pelayanan bhakti sosial dan kuliah umum tentang isu-isu kependudukan.

Sebanyak 12 Mobil Unit Penerangan KB dan 8 Mobil Angkut Akseptor KB yg dimiliki Kab/Kota dipergunakan sebagai Media Promosi Program KB dengan Pemasangan Stiker “Jaga Jarak Kehamilan Minimal 3 Tahun”. Diharapkan melalui media ini meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat agar menjaga jarak kelahirannya sehingga dapat menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi akibat melahirkan di NTB. (uki/*)

FOTO-11

Wakil Walikota Bima menyerahkan 1 Sepeda Motor kepada pemenang doorprize jalan santai keluarga

FOTO-12

Hiburan Semi Parenting menjadi Orang Tua Hebat oleh Kak Wawan

FOTO-13

Pemutaran film melalui mobil unit penerangan KB oleh Kasubdit Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Prov. NTB, Mia Oktara di Lapangan Sarasuba

FOTO-14

Pelayanan KB dalam rangka Harganas 2016

FOTO-15

Ribuan masyarakat Bima beserta peserta Harganas dari Provinsi dan Kabupaten/Kota mengikuti gerak jalan santai keluarga