Dinsos Tunggu Ketentuan Rencana BST Senilai Rp300 Ribu

Sirajuddin. (Suara NTB/Dok)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kabarnya tidak hanya menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp600 ribu selama tiga bulan. Namun akan diperpanjang hingga Desember mendatang dan besarannya Rp300 ribu.

Kepala Dinsos Kabupaten Bima Drs. Siraujddin MM tidak membantah adanya rencana Kemensos menyalurkan BST sebesar Rp300 ribu selama enam bulan yakni dari Bulan Juli hingga Desember 2020 tersebut.

Iklan

 “Memang rencananya yang kami dengar seperti itu. Tapi ini baru informasi saja,” katanya kepada Suara NTB, Senin, 10 Agustus 2020. Lebih lanjut Sirajudin mengatakan, bahkan rencana tersebut hanya diketahui secara lisan. Mengingat sampai saat ini Dinsos setempat belum menerima surat resmi yang dikirim oleh Kemensos.

“Belum ada surat resmi yang menjadi pegangan kami. Tapi kami berharap bantuan ini ada,” katanya. Disamping itu, BST sebesar Rp600 ribu yang disalurkan melalui Pos selama tiga bulan terakhir, yakni April, Juni dan Juli bagi warga kurang mampu yang terdampak covid-19 sudah terealisasi semua.

“BST sebesar Rp600 ribu sudah disalurkan semuanya melalui pos dan juga melalui rekening,” katanya.

Sirajuddin memastikan penyaluran BST di wilayah Kabupaten Bima selama tiga Bulan tidak terdapat masalah, seperti adanya pemotongan ataupun dobel nama penerima manfaat. “Proses penyalurannya berjalan lancar dan hampir tidak ditemukan adanya keluhan atau masalah,” katanya. Ia menambahkan kouta penerima BST di Kabupaten Bima sebanyak 24.331 Kepala Keluarga (KK). Jumlah itu berdasarkan data by Name by Adress (BNBA) yang diterima Kemensos.

“KK yang kurang mampu penerima BST ini masuk dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dikeluarkan oleh Pusdatin Kemensos,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here