Dinas PUPRPP KSB Segera Perbaiki Jalan Menuju Mataiyang

Kondisi ruas jalan menuju Desa Mataiyang, Kabupaten Sumbawa Barat yang rusak.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kerusakan jalan menuju Desa Mataiyang, Kecamatan Brang Ene akan segera diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPRPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini telah meninjau lokasi kerusakan untuk menyiapkan aksi penanganannya.

“Sudah saya perintah (bidang) Bina Marga ke lokasi mengecek badan jalan yang rusak itu,” terang Plt. Kepala Dinas PUPRPP KSB, Amar Nurmanysah.

Ia menjelaskan, dari gambar foto yang diterimanya. Kondisi jalan menuju desa terakhir di Kecamatan Brang Ene itu perlu segera mendpaat sentuhan perbaikan. Sebab tidak saja pembatas jalan (beren), kerusakan berbentuk longsor itu juga telah mengikis langsung badan jalan.

Hal ini jika tidak segera diperbaiki, Amar khawatir, kerusakan akan semakin parah dan tidak menutup kemungkinan akan dapat mengalami putus. “Kalau sampai itu (putus) terjadi kan kasihan warga Mataiyang kesulitan akses keluar masuk desa mereka,” bebernya seraya menambahkan ancaman kerusakan parah semakin besar karena kini telah memasuki musim penghujan.

“Di daerah sana intensitas hujan tinggi. Jadi kita berpacu dengan waktu supaya musim hujan ini jalan itu bisa selesai perbaikannya,” sambung Amar yang juga menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda KSB ini.

Lebih jauh Amar menjelaskan, jalan menuju Desa Mataiyang itu selesai dibangun sekitar tahun 2017 lalu. Akses menuju salah satu desa penghasil madu hutan tersebut, beberapa kali disentuh pengerjaan sebelum akhirnya tuntas hingga di hotmix (aspal). “Kondisi jalannya memang perlu perhatian khusus sebab beberapa bagian posisinya mengikuti punggungan gunung sehingga rawan longsor. Makanya kalau ada kerusakan sedikit perlu segera penanganan karena kalau tidak, tidak butuh waktu lama akan menyebabkan kerusakan lebih banyak lagi,” pungkasnya.(bug)