Dinas PU Pastikan Proyek Fisik Tuntas Pertengahan Desember

Mataram (suarantb.com) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram mulai melaksanakan pengerjaan proyek fisik yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan bulan ini. Kendati proyek ini baru masuk proses tender, namun Kepala Dinas PU Kota Mataram, H. Mahmudin Tura dapat memastikan proyek tersebut dapat tuntas pada pertengahan Desember mendatang.

Untuk proyek yang bersumber dari DAK dalam APBD Murni 2016 telah rampung seratus persen. Proyek-proyek yang baru ditender dan dijalankan saat ini sepenuhnya merupakan proyek DAK tambahan yang masuk dalam APBD Perubahan.

Iklan

“Karena anggarannya turun di akhir tahun, jadi otomatis baru bisa kita tender sekarang. Yang DAK dari APBD murni, alhamdulillah sudah selesai semua,” jelasnya, Kamis, 3 November 2016.

Walaupun saat ini telah memasuki triwulan keempat, menurutnya tak ada proyek yang akan dilaksanakan terburu-buru. Hanya saja, jam kerja pegawai proyek akan ditambahkan hingga 24 jam dalam sehari, supaya target proyek dapat terselesaikan hingga akhir tahun anggaran 2016.

Pengawasan proyek akan dilakukan konsultan pengawas yang berkoordinasi dengan Pemkot Mataram. Mahmudin mengatakan telah ada dua konsultan pengawas yang bertugas memantau terus hasil kerja proyek. Dengan demikian, dipastikan kualitas pengerjaan proyek lebih terjamin.

Mahmudin menambahkan pengerjaan yang tidak mencapai target hingga pertengahan Desember akan diberikan sanksi berupa denda. Dalam aturan telah diberikan kelonggaran waktu hingga 50 hari untuk menyelesaikan proyek, dari batas waktu yang telah disepakati yaitu 31 Desember 2016.

“Kalau sudah lewat batas waktu yang telah ditentukan, kita kasih kelonggaran waktu 50 hari dengan dendanya itu,” pungkasnya. (rdi)