Dinas Perdagangan NTB Belum Pastikan Cabai yang Beredar dari India dan Thailand

Mataram (suarantb.com) – Dinas Perdagangan NTB, belum dapat memastikan apakah cabai impor yang beredar di Mataram merupakan cabai asal India dan Thailand. Hal tersebut  dikatakan Kepala Seksi Sarana Distribusi dan Logistik Dinas Perdagangan NTB, Lalu Suparno, S. Sos., MH, saat ditemui suarantb.com di ruang kerjanya, Rabu, 1 Maret 2017.

“Cabai impor dari india ini kan baru informasi. Saya belum cek kevalidan datanya. Ini kan baru di pasar  bilang dari India, tapi kan kita belum tau apa benar dari India atau Jawa,” ujarnya.

Iklan

Suparno mengatakan  pihaknya belum bisa membenarkan bahwa cabai yang beredar adalah cabai impor dari India dan Thailand. Ia mengaku Dinas Perdagangan  telah memantau di beberapa pasar tradisional dan menemukan cabai impor yang menurut informasi yang beredar berasal dari India. Sehingga, ia akan meninjau di lapangan terkait kebenaran informasi tersebut.

“Besok saya akan pantau langsung ke Pelabuhan Lembar, di sana  baru kita minta data-datanya,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya belum dapat melakukan apa-apa. Selain belum memastikan, ia juga mengaku bahwa komoditas tersebut bisa secara bebas dipasarkan. Sehingga pihaknya belum melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pembatasan atau penarikan.

Karena hingga saat ini, Dinas Perdagangan belum mendapatkan surat edaran dari Kementerian Perdagangan terkait beredarnya cabai impor di NTB.

“Biasanya kita dapat surat dari pusat menginfokan ada suplai barang impor ke NTB,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan cabai impor tersebut memang beredar di Jawa. Selanjutnya dari Jawa barulah cabai tersebut diedarkan ke daerah lain. Namun ia perlu memastikan kembali keakurasian data cabai tersebut.

Jika melihat harga cabai lokal yang melonjak tinggi, menurutnya cabai impor tersebut bisa menjadi solusi  jangka pendek untuk menekan inflasi.

“Otomatis kalau suplai barang itu banyak pasti harga barang juga turun. Ini kan bisa menekan harga. Besok saya pastikan cabai ini dari mana asalnya,” ujarnya (hvy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here