Dinas Dikbud NTB Sukses Laksanakan Gelar Budaya NTB Gemilang

Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi, saat memberikan sambutan di penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang, Sabtu, 28 November 2020. 

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB sukses melaksanakan Gelar Budaya NTB Gemilang yang merupakan rangkaian Pekan Kebudayaan Daerah, mulai Senin, 23 November 2020 sampai dengan Sabtu, 28 November 2020 di kantor Dinas Dikbud NTB. Penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang dilaksanakan Sabtu, 28 November 2020.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan, Gelar Budaya NTB Gemilang dimulai pada Senin pekan lalu dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Berbagai kegiatan lomba dilaksanakan selama Gelar Budaya NTB Gemilang, yaitu lomba mendongeng di lokasi bersejarah, lomba dokumentasi visual permainan rakyat dan olahraga tradisional, lomba tari kreasi, lomba menyanyi solo, dan liga hadang istimewa.

Penampilan para siswa di penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang. (Suara NTB/ist)

Lomba-lomba itu merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan lainnya di Gelar Budaya NTB Gemilang, antara lain Gebyar SMK, Gebyar SMA, Gebyar PK-PLK, Pagelaran Seni, Musyawarah Kebudayaan, Bimtek Penciptaan Tari, dan Liga Hadang antar sekolah bekerja sama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI).

Di samping itu, Aidy menyampaikan, jika di semester awal tahun ini Dinas Dikbud NTB mempersembahkan hasil kompetensi melalui pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis produk melalui motor listrik, cold storage, dan peralatan teknologi lainnya, maka di semester penghujung tahun ini Dinas Dikbud NTB mempersembahkan ekspo SMK untuk pengolahan hasil pertanian.

“Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah sudah meresmikan dan membuka gerai AisLah, anak-anak kita sudah bisa menjadi wirausaha baru. Ada juga SMK Hebat Mart, yang menjual hasil produk pengolahan hasil pertanian anak-anak, terutama boga, yang terintegrasi dengan layanan perbelanjaan daring,” jelasnya.

Aidy menjelaskan, di SMK Hebat Mart yang dibuka sejak awal pekan lalu menjajakan produk senilai Rp30 juta. Produk yang laku setidaknya lebih dari 80 persen dari keseluruhan produk. Ada juga gerai dari SMA, SMK, dan SLB selama Gelar Budaya NTB Gemilang.

Selain itu, pada kesempatan penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang ini diberikan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah yang berprestasi menulis-duta sains, penghargaan kepada para siswa yang meraih berbagai prestasi di tingkat nasional. Juga dilaksanakan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka Gelar Budaya NTB Gemilang. Pemberian hadiah dilakukan oleh Asisten III Setda NTB Dr. H. Lalu Syafi’i, MM. Di samping itu, dilaksanakan juga proses pengukuhan Dharma Wanita Dinas Dikbud NTB oleh Wakil ketua II DWP Provinsi NTB, Prof. Dr. Rodliyah, SH.,MH.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi NTB ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran Dinas Dikbud NTB yang melaksanakan Gelar Budaya NTB Gemilang.

“Tidak hanya dalam konteks belajar mengajar, ada dimensi yang sifatnya spiritual, teknologi, dan sekarang ada nuansa budaya. Ada ungkapan bahwa dengan ibadah membuat hidup terarah, dengan teknologi membuat hidup jadi lebih mudah, dengan seni budaya membuat hidup menjadi indah. Tiga hal ini ada di tugas pokok fungsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya melekat dalam tugas bapak dan ibu guru,” katanya.

Sekda juga berharap agar Gelar Budaya NTB Gemilang ini menjadi agenda rutin ke depan dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas. “Gelar budaya menjadi titik kulminasi, pertemuan seniman muda maupun seniman yang kita miliki, untuk dia tunjukan kreasinya. Forum untuk apresiasi, untuk menampilkan bakat. Bagaimana kita memberikan apresiasi terhadap seni dan budaya,” urainya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk menciptakan ruang kemerdekaan, ruang apresiasi kepada anak didik, agar mereka tidak terbelenggu hanya di dalam kelas. “Di sinilah kita akan melihat anak kita, jati dirinya tampil, puncak prestasi di sini dipamerkan, ini menumbuhkan motivasi kepada anak kita untuk menghasilkan yang terbaik dari dirinya di masa yang akan datang,” ujar Sekda.

Penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang berlangsung semarak. Penutupan ini diisi juga dengan berbagai pementasan seni, seperti drama tari, tari-tarian, dan kegiatan lainnya. Asisten I Setda NTB, Dra.Baiq Eva Nurcahyaningsih, M.Si., menutup rangkaian penutupan Gelar Budaya NTB Gemilang.(ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here