Dinas Dikbud KSB Prioritaskan Tenaga Pengawas TK

H. Mukhlis. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Salah satu tenaga kependidikan yang masih minim di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) adalah pengawas sekolah. Khususnya tenaga pengawas sekolah Taman Kanak Kanak (TK).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat, jumlah tenaga pengawas pra sekolah ini hanya terdapat satu orang tenaga. “Iya baru satu orang untuk pengawas TK yang kita miliki sekarang ini,” sebut kepala Dinas Dikbud KSB, H. Mukhlis.

Iklan

Minimnya tenaga pengawas TK itu, diakui H. Mukhlis, saat ini pihaknya tengah memprioritaskan untuk menambahnya. Terlebih tenaga satu-satunya tersebut dalam waktu dekat akan segera purna tugas. “Tahun depan pengawas bersangkutan akan pensiun. Jadi kita berkejaran dengan waktu untuk mengisi bahkan menambahnya sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Dari sisi personil, dikatakan H. Mukhlis, sebenarnya ada banyak tenaga pegawai yang bisa diangkat sebagai pengawas. Terutama dari tenaga guru yang ada. Namun untuk diangkat, para guru harus memiliki keterampilan sebagai pengawas dan hal itu baru bisa diperoleh melalui pelatihan khusus. “Nah pelatihannya ini yang sedang kita upayakan,” ungkapnya.

Untuk membuka kegiatan pelatihan pengawas, Dinas Dikbud KSB sendiri, sudah merencanakan bisa mengadakannya tahun ini. Rencananya melalui APBD Perubahan, pembiayaan pelatihan tersebut akan dimasukkan dalam program dinas. “Kami berharap mudah-mudahan bisa disetujui anggarannya. Dengan begitu kita bisa adakan pelatihannya,” harap mantan Asisten I Setda KSB ini. (bug)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional