Dimeriahkan Beragam Lomba, MIN 1 Loteng Gelar Gebyar Hari Santri

Salah satu peserta sedang menunjukkan kebolehannya di salah satu mata lomba yang dipertandingkan, Rabu, 21 Oktober 2020. (Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2020, Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) 1 Lombok Tengah (Loteng), menggelar Gebyar Hari Santri Nasional dengan motto Santri Milenial, Hebat Bermartabat.

Kepala MIN 1 Loteng Mahruf, M.Pd., menjelaskan, pelaksanaan gebyar hari santri ini bertujuan untuk  lebih menyemarakkan HSN dan memberi ruang kepada santriwan-santriwati di Loteng untuk berkreasi.

Iklan

“Karena pandemi Covid-19 ini masih menghantui dunia pendidikan kita dan pelaksanaan pembelajaran yang masih semi online dan offline, serta untuk lebih menyemarakkan kegiatan sekali dalam satu tahun,” jelasnya, Rabu, 21 Oktober 2020.

Dikatakannya, acara gebyar hari santri nasional yang dihelat keluarga besar MIN 1 Loteng ini, diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah se- Lombok Tengah untuk berkreasi positif, menampilkan potensi atau talenta yang dimiliki, serta menjadi jembatan mereka untuk berprestasi. “Sehingga nantinya dapat terwujud santri milenial yang hebat dan bermartabat,” kata Mahruf.

Diakuinya, dalam lomba ini beberapa mata lomba yang diadakan adalah pidato bahasa Indonesia, Arab dan Inggris, tilawatil Qur’an dan lomba hymne madrasah untuk katagori putra dan putri.

Sementara untuk hadiah, ujarnya, panitia menyiapkan tabanas atau uang sejumlah Rp20 juta. Sesuai dengan surat permakluman dari panitia, semua jenis mata lomba dalam kegiatan ini, sistem pelaksanaannya adalah berbasis virtual. Artinya semua peserta wajib merekam kegiatan lombanya dalam bentuk video dan dikirim via email ke panitia.

Lebih lanjut dijelaskan Mahruf, bahwa peringatan hari santri nasional adalah salah satu momen terbaik bagi keluarga besar santri madrasah dan pondok pesantren di tanah air.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Loteng Haji Kemas Burhan,M.Pd., mengaku salut pada semua panitia penyelenggara. Apa yang dilakukan keluarga besar MIN 1 Loteng dengan menggelar Gebyar HSN 2020 ini patut diberikan apresiasi yang positif.

“Ini artinya kreativitas di madrasah tersebut tidak mandek, meskipun dalam suasana tidak normal karena pandemi Covid-19, kami ucapkan terima kasih untuk para panitia penyelenggara dan selamat berlomba untuk semua peserta,” ungkap Kemas.

Ia juga berharap kegiatan-kegiatan non akademik seperti ini harus dapat menumbuhkembangkan dan memotivasi para guru dan siswa untuk terus berkarya serta bisa dicontoh oleh madrasah lainnya. (dys)