Diluncurkan TGB, BRT Mulai Beroperasi

Mataram (suarantb.com) – Hari ini Bus Rapid Transit (BRT) resmi diluncurkan. Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh dan Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana turut mencoba BRT untuk pertama kali mengelilingi salah satu rute. Dengan peluncuran ini, TGB optimis akan ada banyak pelajar dan masyarakat yang menggunakan BRT. Demikian disampaikannya di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 21 November 2016.

“Saya optimis sepanjang kita siapkan dengan baik, kita pastikan terlayani sesuai jadwal. Insha Allah pelajar dan masyarakat akan mengapresiasi. Rute BRT ini juga memang padat pelajar,” ujarnya.

Iklan

Optimisme TGB ini merupakan langkah menangkis keraguan masyarakat bahwa tidak banyak yang akan memanfaatkan BRT. Mereka lebih memilih untuk mengunakan motor pribadi. Karena lebih cepat dan bebas berangkat kapanpun tidak harus bergantung pada jadwal.

25 BRT yang diberikan pemerintah pusat untuk daerah ini memang ditujukan terutama untuk melayani pelajar di Mataram dan sekitar Lombok Barat. Hingga akhir tahun, pelajar bebas menggunakan BRT untuk berangkat dan pulang sekolah tanpa dipungut biaya alias gratis. Dengan adanya subsidi dari Kementerian Perhubungan.

Tahun 2017 BRT untuk pelajar dijanjikan TGB akan tetap digratiskan. Dengan pemberian subsidi dari pemerintah provinsi dan kota. “Untuk pelajar akan kita gratiskan dengan subsidi dari pemerintah daerah. Saya dengan Pak Walikota tadi sudah sepakat kita akan support program ini. Intinya BRT harus terpakai maksimal dan termanfaatkan oleh masyarakat kita dan lebih khusus bagi siswa-siswi kita,” jelasnya.

Selain untuk pelajar, Perum Damri sebagai pihak yang ditunjuk untuk operasional BRT juga membuka BRT untuk masyarakat umum. Jadi, tidak hanya pelajar, masyarakat umum juga bisa menikmati fasilitas ini. Hanya saja, ada tarif yang harus dibayarkan, yakni sejumlah Rp 4000.

  Lowongan Tenaga Dokter RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Tak Ada Peminat

“Untuk menarik penumpang umum, kita serahkan kebijakannya pada Damri, karena Damri yang punya cara-cara sendiri,” tambah TGB. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here