Dilepas Gubernur, Ini JCH Tertua Asal NTB Berumur 104 Tahun

Mataram (suarantb.com) – Baiq Mariah, meski telah berusia renta yakni 104 tahun,  tidak menyurutkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji. Nenek asal  Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat itu tercatat sebagai  Jemaah Calon Haji JCH) tertua asal NTB tahun ini.

Keberangkatannya telah dilepas secara simbolis Gubernur NTB, Dr. TGH. M.Zainul Majdi bersama 455 JCH lainnya pada kloter I Embarkasi Lombok  1438H/2017 di Asrama Haji NTB,  Mataram, Jumat, 11 Agustus 2017, malam.

Iklan

Sedangkan JCH termuda adalah   Zainul Islah (18 tahun) asal Perampuan, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini berpesan kepada  para JCH agar menjaga  kelapangan hati, tetap bersabar dan mengikuti arahan yang ada. Terlebih, sebagian besar di antara JCH ini telah berusia lanjut. TGB mengingatkan bahwa dengan melaksanakan petunjuk-petunjuk  tersebut maka pasti akan selamat.

Lebih lanjut, Gubernur juga mengurai pentingnya menjaga niat dalam proses ibadah mulia memenuhi panggilan Allah ini. Ia mencontohkan bahwa di antara rukun ibadah,  hanya niat saja  yang selalu dijaga diawal sampai akhir. “Kokohkan niatnya,  saat lemah ingat niat untuk penuhi panggilan Allah. Insya Allah langsung sehat,” tuturnya.

Gubernur berharap  semoga seluruh JCH yang melaksanakan ibadah haji tahun ini diberikan kesehatan dan keselamatan sampai kembali ke tanah air dan mendapatkan haji yang mabrur.

Pelepasan JCH NTB kloter I tersebut ditandai penyerahan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan pimpinan rombongan. Kloter I yang dilepas berjumlah 455 orang dan langsung diterbangkan dari Lombok Internasional Airport (LIA), pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 pukul 08.00 Wita.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, H. Nasruddin, M.Pd melaporkan kepada Gubernur bahwa jumlah JCH NTB tahun 2017 sebanyak 4.514 orang, gagal berangkat 4 orang karena 2 meninggal dan 2 sakit. Sehingga jumlah seluruhnya yang berangkat 4.510 orang yang dibagi dalam 11 Kloter.

Selama 24 jam JCH di tampung di Asrama Haji  untuk pemeriksaan kesehatan terakhir, pembinaan manasik  dan penyelesaian administrasi, ujarnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Anggota DPD RI Dapil NTB, Diah Ratu Ganefi, Wakil Ketua DPRD NTB TGH Mahali Fikri, Ketua MUI NTB dan ketua Ormas-ormas Islam seperti NU NTB, Muhammadiyah NTB, Nahdlatul Wathan. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here