Dilantik Sebagai Bupati – Wakil Bupati, AKJ Syah Siap Bersinergi Bangun Daerah Lebih Baik

Bupati Dompu, Kader Jaelani didampingi wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT saat menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah di aula Graha Bhakti Praja, Jumat, 26 Februari 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pasangan Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT (AKJ Syah) resmi menjadi Bupati dan wakil Bupati Dompu yang dilantik secara langsung oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah di kantor gubernuran bersama 5 kepala daerah lainnya. Proses pelantikan yang hanya bisa didampingi istri ini dirasa lebih hidmat ketimbang secara virtual. Pasangan inipun siap bersinergi dalam membangun Dompu agar lebih maju, hebat dan sukses.

Ungkapan rasa syukur dan terimakasih ini disampaikan langsung Kader Jaelani kepada Suara NTB usai pelantikan di kantor gubernuran, Jumat, 26 Februari 2021.

Iklan

“Saya merasa bersyukur. Alhamdulillah perjuangan panjang kami lalui, hari ini sudah dilantik sebagai Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Dompu. Mudah – mudahan dengan dilantiknya kami, daerah kita Kabupaten Dompu bisa lebih maju, lebih hebat, dan sukses,” kata Bupati Dompu.

H Syahrul Parsan, ST, MT., wakil Bupati Dompu juga mengungkapkan rasa syukurnya. Karena proses pelantikan yang sempat ditunda dan direncanakan akan dilantik secara virtual. Kendati proses pelantikan ini tidak bisa menghadirkan lebih banyak orang karena masih suasana pandemi Covid-19. “Sangat bersyukur bisa dilantik secara langsung. Karena tadinya rencananya virtual, sekarang bisa langsung. Rasanya lebih hikmat, lebih afdol ketimbang secara virtual,” ungkapnya.

Untuk program di awal kepemimpinannya, Kader Jaelani mengaku, sebelum dilantik dan pasca pemilihan lalu mulai menganalisis masalah untuk diselesaikan secara bertahap sesuai janji politik pada masa kampanye. Bahkan dirinya membentuk tim kecil untuk mendiskusikan persoalan daerah dan solusinya. “Kami pastikan, program pemerintahan yang sebelumnya baik dan bagus, akan tetap dilanjutkan, yang kurang akan diperbaiki,” tegasnya.

Pada saat pelantikan, Bupati dan wakil Bupati Dompu sempat disebut secara khusus oleh Gubernur NTB dalam sambutannya sebagai pemimpin pendatang baru dibandingkan 5 kepala daerah lainnya yang telah memiliki pengalaman memimpin sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah. Kendati demikian, H Syahrul Parsan sebagai pensiunan ASN di Dinas PUPR Provinsi NTB diyakini bisa bersama – sama Kader Jaelani belajar cepat menyesuaikan diri dalam membangun Dompu kedepan.

Harapan Gubernur NTB ini disambut positif Kader Jaelani. Ia pun optimis bersama H Syahrul bisa membangun Dompu kedepan lebih baik dengan berkaca pada kepemimpinan sebelumnya dan pada daerah – daerah maju lainnya. “Walaupun pendatang baru, kami akan berjuang keras sehingga lebih hebat dari yang lain, walaupun kepala daerah lain itu lebih senior atau memasuki periode kedua. Kita bisa melihat contoh pemimpin – pemimpin daerah lain. Kita bisa mencontohi setiap kebaikan dan kemajuan dari daerah lain untuk membenahi kekurangan daerah,” ungkapnya.

Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT merupakan Bupati dan wakil Bupati Dompu hasil Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Pasangan ini diusung Partai Gerindra (4 kursi Dewan), Partai Nasdem (4 kursi Dewan), dan Partai Hanura (2 kursi Dewan). Pasangan ini memiliki visi untuk mewujudkan Dompu sebagai daerah agribisnis yang mandiri, sejahtera, unggul dan relegius (Mashur).

Setidaknya ada 24 program unggulan dengan JARA PASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi, dan Kadalai) sebagai komoditi unggulan pasangan ini yang menjadi janji politik saat kampanye lalu. Diantara program prioritasnya menjadikan perusahaan daerah (Perusda) sebagai penggerak pertumbuhan agribisnis dan agroindustri, Dompu jadi tujuan wisata.

Peningkatan produksi dan ekspor produk dalam daerah, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kompetensi tenaga kerja usia produktif, penyiapan lembaga vokasional, menaikan nilai tukar petani melalui stabilisasi harga, pemerataan dokter, ambulance setiap desa, intensifikasi lahan kering dan optimalisasi kawasan pesisir dalam rangka mendukung pengembangan komoditas unggulan JARA PASAKA, serta penataan birokrasi menuju birokrat yang berkinerja tinggi, tanggungjawab, dan amanah.

Kader Jaelani putra Muhammad Najib bin Hasan Barakwan yang lahir pada 24 Oktober 1976 ini memiliki istri Lilis Suryani. Keduanya dikarunia 3 orang putri. Sebelum maju mencalonkan diri sebagai Bupati Dompu, Kader dikenal sebagai direktur CV Maestro Group dan pusat perbelanjaan Bolly Dompu. Sementara riwayat pendidikannya, tamat di SDN 4 Dompu tahun 1989, SMPN 1 Dompu tahun 1992, dan SMA Tri Dharma Kosgoro Dompu tahun 1995.

Wakilnya H Syahrul Parsan, ST, MT merupakan putra dari Parsan Miun. Ia lahir di Dompu pada 12 juni 1959 dan memiliki istri Hj Siti Farida dengan 4 orang anak. Riwayat pendidikan, H Syahrul tamat di SDN 1 Dompu tahun 1971, SMPN Dompu 1974, dan Sekolah Tekhnik Menengah Negeri Mataram tahun 1977. Ia kemudian melanjutkan pendidikan untuk sarjana di Universitas Islam Al Azhar Mataram tahun 1996, dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang tahun 2007 untuk program pasca sarjana (S2). Beground pendidikan H Syahrul sesuai dengan bidang tugasnya sebagai ASN di Dinas PU Provinsi NTB dan kini sudah memasuki purna tugas. (ula/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional