Dilantik, Kades Banjarsari Langsung Tancap Gas

Camat Labuhan Haji Munir melantik Kepala Desa Banjarsari Asmiludin, Jumat, 30 April 2021. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Kepala Desa Banjarsari Kecamatan Labuhan Haji yang terpilih hasil Pergantian Antar Waktu (PAW), Asmiludin resmi dilantik, Jumat, 30 April 2021. Mantan Camat Labuhan Haji dan pernah menjadi penjabat sementara di Desa Banjarsari ini mulai Senin, 3 Mei 2021 hari ini langsung akan tancap gas menyelesaikan sejumlah persoalan yang ada di Desa Banjarsari. Salah satunya, akan menyegerakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang lama tertunda.

“Senin, saya akan langsung tancap gas,” tegasnya menjawab Suara NTB usai prosesi pengambilan sumpah yang dilakukan Camat Labuhan Haji, Muhir di Aula Kantor Camat.

Iklan

Acara yang berlangsung penuh khidmat di tengah suasana puasa Ramadhan ini dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Diakuinya, salah satu problem besar di Banjarsari adalah adanya kasus dugaan korupsi Bantuan Langsung Tunai (BLT) mantan kepala desa sebelumnya. Ditaksir kerugian mencapai Rp 187 juta. Terlepas dari persoalan itu, Kades Asmiludin menyatakan untuk proses hukumnya diserahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

Menurut Asmiludin, saat ini yang terpenting adalah merencanakan program pembangunan selanjutnya di Banjarsari. Maret-April ini direncanakan akan merealisasikan BLT untuk warga yang belum mendapatkan haknya. “Terlebih kita mau menyongsong lebaran, uang BLT yang belum cair itu segera akan kita cairkan dan  berikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tegasnya.

Disampaikan, keberadaan para perangkat desa yang ada di Banjarsari perlu ditingkatkan pemahamannya. Selain itu, selama ini masih banyak yang belum paham tugas pokok dan fungsinya sebagai perangkat desa. “Saya akan kembalikan sesuai job nya masing-masing,” paparnya.

Semakin tinggi pemahamannya tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai perangkat desa maka pekerjaannya akan semakin baik. Seluruh perangkat mulai baik Kepala Wilayah, Kepala Seksi maupun kepala urusan harus menghafal tugas pokok dan fungsinya. Hapal tupoksi, maka tujuan Desa Banjarsari akan bisa cepat tercapai. Khususnya bagi sebanyak 1.672 Kepala Keluarga (KK) di Banjarsari akan merasakan hadirnya pemerintah desa yang baik dalam memberikan pelayanan.

Selain menyelesaikan persoalan BLT, Asmiludin bertekad untuk membawa Desa Banjarsari lebih baik. Termasuk dalam upaya membangkitkan perekonomian di desa melaui peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala DPMD Lotim, Muhammad Khairi dalam sambutannya mengingatkan Kades Banjarsari agar tidak mengulang sejarah munculnya kasus dugaan korupsi yang saat ini tengah ditangani aparat penegak hukum.

Kasus di Banjarsari telah membuat desa itu kata Khairi cukup terkenal. Kepada kades yang baru disarankan agar membawa Banjarsari menjadi lebih baik. Kadis PMD Lotim ini berkeyakinan, Asmiludin yang dikenal juga sebagai mantan Camat di Labuhan Haji ini bisa membawa Desa Banjarsari menjadi desa yang lebih baik. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional