Dikunjungi Gubernur, Warga Pulau Moyo Mengeluh, Beli Es Harus Berlayar ke Dompu

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berkunjung ke Dusun Brang Kua, Desa Labuhan Haji, Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Rabu, 7 Oktober 2020. Dalam kunjungannya, gubernur didampingi Pjs. Bupati Sumbawa, Zainal Abidin dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup NTB. Dalam rombongan itu, ikut serta juga Danlanal Mataram, Kol. Laut (P) Suratun, SH.

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam menggunakan kapal cepat milik Polairud Sumbawa, gubernur bersama rombongan tiba di Brang Kua. Masyarakat pun menyambut gubernur dengan haru. Warga berharap kedatangan gubernur ke pulau terpencil ini bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakatnya selama ini.

Iklan

Ada tiga masalah utama yang dihadapi warga setempat. Pertama masalah jalan lingkungan. Kemudian soal listrik. Warga ingin menikmati listrik. Selama ini warga hanya menikmati listrik melalui PLTS yang sangat terbatas. Warga hanya bisa menggunakan tenaga listrik pada malam hari. ‘’Untuk membeli es, kami harus berlayar ke Dompu. Dan ketiga masalah air bersih. Kami berharap kami tidak lagi diberi janji-janji. Kami sudah bosan dengan janji-janji,’’ ujar warga.

Menanggapi hal itu, Gubernur Zul langsung meminta kepala dinas terkait menjawabnya. Kepala Dinas PU, Ir.H. Sahdan mengatakan, terkait jalan terkendala karena lahannya adalah lahan konservasi.  Jadi tidak bisa dibangun jalan. Sementara untuk masalah air minum, akan dilakukan survei bersama dinas terkait lainnya. Demikian juga masalah listrik. Pimpinan PLN NTB yang ikut dalam rombongan juga mengatakan segera melakukan survei.

Aspirasi lainnya, ada keinginan untuk dilakukan pemekaran desa. Hal ini karena keberadaan empat dusun di timur Pulau Moyo ini sangat jauh dengan desa induk, Labuhan Haji. Terkait hal ini, gubernur meminta kepada Pjs. Bupati Sumbawa untuk mempertimbangkan. ‘’Jika cukup persyaratan administratif, bisa dipertimbangkan,’’ ujar gubernur.

Pada kesempatan itu, gubernur memberikan bantuan masker, alat olahraga dan penangkap ikan yang diserahkan secara simbolis kepada kepala desa setempat. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional