Dikpora Jamin Jalur BL Murni Tanpa Intervensi

Mataram (suarantb.com) – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram menjamin Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur Bina Lingkungan (BL) murni melalui tes tanpa adanya intervensi dari internal Dinas Dikpora. Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, Drs. H. Sudenom memastikan tidak ada penyalahgunaan wewenang dari pihak dinas yang memanfaatkan BL untuk mengambil keuntungan pribadi.

Namun ia tak bisa memastikan jika ada oknum tertentu di luar dinas yang memanfaatkan hal tersebut. Jika ditemukan, ia akan menindaklanjuti dan memberi sanksi kepada yang bersangkutan. “Kalau ada isu seperti itu, saya akan langsung mencari tahu yang sebenarnya bagaimana,” tegasnya, Kamis, 14 Juli 2016.

Iklan

Para calon siswa yang mendaftar lewat jalur ini juga tak dapat dipastikan bisa diterima seluruhnya. Pasalnya seleksi ini dilaksanakan melalui tes yang sangat selektif. Apalagi daya tampung sekolah-sekolah juga terbatas, khususnya sekolah favorit.

Sudenom juga memahami akan ada ketidakpuasan bagi mereka yang tak diterima di sekolah yang diinginkan.“Saya berharap juga bagi mereka yang harapannya mungkin di sana (sekolah favorit), kalau memang nggak diterima ya bersabar juga,” jelasnya.

Kapasitas yang bisa ditampung di sekolah-sekolah favorit terbatas. Ia menyebutkan di SMAN 1 Mataram, yang mendaftar melalui jalur BL mencapai 300 orang. Namun daya tampung sekolah hanya 120 siswa. “Mereka juga sebelumnya sudah disarankan untuk mencari sekolah yang memang sesuai dengan kemampuan mereka. Jangan memaksa diri,” ujarnya.

Ia meminta siswa yang tidak diterima di sekolah favorit melalui jalur BL agar mendaftar ke sekolah lain yang kapasitasnya masih tersedia. “Mungkin masih ada waktu untuk sekolah-sekolah yang memang masih ada peluang, dan ruang kelas masih ada,” terangnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here