Diklat Cakep Rampung, Pengisian Jabatan Kepsek Kosong di Kota Mataram Diharapkan Secepatnya

0
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali, berfoto bersama dengan Koordinator Fungsi FPMP LPMP Provinsi NTB selaku penanggungjawab kegiatan, Dra. Hj. Sudiati Prihatiningrum, Kepala BKPSDM Kota Mataram, B. Nelly Kusumawati, dan para peserta diklat Cakep Kota Mataram(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (Diklat Cakep) Kota Mataram tahun 2021 sudah rampung. Hal ini ditandai dengan berakhirnya kegiatan In Services Training (IST) 2 Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP Kota Mataram Tahun 2021 yang merupakan tahapan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kota Mataram Tahun 2021. Dengan begitu, diharapkan pengisian jabatan kepala sekolah yang masih kosong bisa secepatnya diisi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, M.Pd., dihubungi pada Kamis, 23 Desember 2021 mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan waktu pasti pengisian jabatan kepsek yang kosong tersebut. Karena Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram sedang menyelesaikan draf pengisian jabatan kepsek tersebut. “Mudah-mudahan secepatnya,” harapnya.

IKLAN

Kegiatan diklat ini merupakan bentuk kerjasama antara BKPSDM Kota Mataram dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat (LPMP Provinsi NTB) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Solo.

Diklat dilaksanakan kurang lebih selama tiga bulan yang dimulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2021. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Fungsi FPMP LPMP Provinsi NTB selaku penanggungjawab kegiatan, Dra. Hj. Sudiati Prihatiningrum.

Sudiati menambahkan, pendidikan dan pelatihan dilakukan dengan pola ON-IN-ON-IN selama 300 jam atau ekuivalen dengan tiga bulan pelaksanaan yang terbagi dalam empat tahapan kegiatan. “Kegiatan Diklat ini terbagi dalam empat tahapan yakni dimulai dari tahapan OJT 1, IST 1, OJT 2 dan terakhir IST 2”, kata Sudiati.

Sudiati juga menambahkan bahwa kegiatan gelar karya yang ditampilkan oleh peserta sangat kreatif dan inovatif, hal ini menandakan bahwa peserta mampu memahami esensi dari pelaksanaan Diklat Calon Kepala Sekolah. Ia juga meyakinkan kepada peserta dengan upaya dan kerja keras yang telah dilakukan dan ditampilkan oleh peserta tentunya akan sebanding dengan hasil yang akan didapat dan diraih nantinya.

Lalu Fatwir  berterima kasih kepada LPMP Provinsi NTB karena telah menfasilitasi kegiatan dapat berjalan baik, lancar dan sukses sesuai dengan harapan semua pihak dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui kepala sekolah yang profesional dan berkompeten.

Lalu Fatwir juga menambahkan menjadi kepala sekolah harus bisa mengamalkan dan mengimplementasikan lima kompetensi kepala sekolah terutama kompetensi kepribadian. “Kompetensi kepribadian harus benar-benar mencerminkan pribadi kepala sekolah yang menjadi model dan teladan bagi seluruh warga sekolah,”  ujarnya.

Kegiatan Diklat ini ditutup secara resmi oleh Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati, M.Ak. Dalam sambutannya, Baiq Nelly Kusumawati mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan diklat yang diharapkan menghasilkan calon-calon kepala sekolah yang bermartabat, kompeten dan profesional.

Lebih lanjut ia berharap kepada seluruh peserta agar tetap mawas diri, ramah dan santun dalam bersikap dan bertindak serta profesional dalam menjalankan tugas sehingga dapat memberikan efek positif pada peningkatan mutu pendidikan. “Semoga ke depan bapak ibu semua bisa menjadi kepala sekolah yang membawa kualitas pendidikan di Kota Mataram menjadi lebih baik,” harapnya.

Melalui diklat calon kepala sekolah ini, diharapkan lahir calon-calon pemimpin satuan pendidikan baik jenjang SD maupun jenjang SMP yang memiliki kompetensi serta profesional, sehingga dapat mendongkrak mutu pendidikan Kota Mataram semakin meningkat dan berkualitas. (ron)