Dikes Gelar Orientasi KAP Tekan Kasus Stunting di Lobar

Orientasi KAP bagi tenaga kesehatan yang diselenggarakan Dikes Lobar. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Salah satu upaya dalam percepatan dan pencegahan stunting melalui lima pilar nasional, Pemkab Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar dalam hal ini Bidang Kesehatan Masyarakat bersama Bidang Promosi Kesehatan melaksanakan kegiatan percepatan pencegahan stunting dengan cara orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Lobar yang diselenggarakan di salah satu Ballroom Hotel Kawasan Wisata Senggigi, Batulayar, Lobar, Sabtu, 20 November 2021.

Implementasi dari strategi percepatan pencegahan stunting dalam pilar ke dua di Kabupaten Lobar, yakni melalui orientasi KAP. Kegiatan yang dikoordinator oleh Dikes Lobar bersama penyuluh dari  perwakilan nakes dari dua rumah sakit dan 20 puskesmas yang berada di Kabupaten Lobar yang berhubungan dengan pecegahan stunting yaitu pengelola program promosi kesehatan, gizi, kesehatan ibu dan anak dan kesehatan lingkungan.

Iklan

Pelaksanaan orientasi KAP bagi tenaga kesehatan ini dihadiri oleh Kepala Dikes Lobar drg. Hj. Ni Made Ambaryati bersama Fasilitator dari Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Dudut Eko Juliawan, Sekertaris PPPKMI Lobar Arif Rahman, serta Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) H. M. Abdullah dan Perwakilan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lobar.

Fasilitator orientasi KAP dari PPPKMI Dudut Eko Juliawan menyampaikan dan memperagakan secara langsung materi orientasi dengan menggunakan teknik komunikasi yang baik dalam membangun suasana nyaman dan aman dimulai dengan beberapa permainan yang diarahkan langsung dan melibatkan aktif seluruh peserta .“Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik saya harapkan kegiatan ini dapat praktikkan langsung, sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk petugas kesehatan di lapangan nanti,” ujarnya.

Dalam orientasi KAP ini Kepala Dikes Lobar drg. Hj. Ni Made Ambaryati  membuka acara dan berdialog  bersama fasilitator dari PPPKMI dan menyambut gembira kegiatan orientasi KAP di Kabupaten Lobar.

Ia juga berharap, kegiatan orientasi KAP ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memberi edukasi kepada masyarakat sesuai konteks sasaran, dengan memastikan pengembangan pesan sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran. Seperti posyandu, kunjungan rumah, konseling pernikahan, konseling reproduksi remaja, dan sebagainya dengan mempertimbangkan konteks budaya dan kearifan lokal. ‘’Dengan dilaksanakannya KAP kepada masyarakat diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih positif sebagai salah satu upaya percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Lobar,” tegasnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional