Dikes Dompu Rencanakan Swab Nakes dan Paramedis

Abubakar Husain. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, berencana mengambil sampel swab semua Tenaga Kesehatan (Nakes) dan paramedis, khususnya mereka yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif, baik itu balita inisial I atau nakes terpapar di Puskesmas Kota. Langkah tersebut tidak lain untuk memperkecil rantai penularan Covid-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dikes Dompu, Abubakar Husain kepada wartawan di kantornya menyampaikan, penyakit menular dan mematikan ini tidak lagi sekedar menyerang warga biasa, tetapi tenaga kesehatan pun ikut terpapar. “Makanya ini kita rencanakan untuk swab semua nakes, terutama yang punyak riwayat kontak dengan pasien positif,” terangnya.

Iklan

Cukup mendesak untuk dilakukan swab pada situasi saat ini, lanjut dia, ialah mereka yang memiliki riwayat kontak dengan balita dan nakes terpapar Covid-19 di Puskesmas Kota. Seperti misalnya tim medis rumah sakit serta tenaga kesehatan pada puskesmas terdekat.

Mereka sangat potensial terpapar dan menjadi sumber penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Pun tak kalah penting yakni setiap pasien yang tengah ditangani pusat pelayanan kesehatan tersebut. “Karena sekarang sudah ada nakes yang positif, mau tidak mau harus di-swab semua termasuk masyarakat yang sedang dilayani,” ujarnya.

Selain nakes dan paramedis pada wilayah kota, tambah Abubakar Husain, dalam kesimpulan rapat internal pihaknya juga berencana untuk mendeteksi penularan Covid-19 disemua puskesmas yang ada di delapan kecamatan. Termasuk lewat tes cepat setiap pasien yang baru masuk meski tak memiliki gejala.

Langkah ini salah bentuk upayanya dalam memperkecil ruang gerak atau rantai penularan Covid-19, apalagi ditengah pelaksanaan Pilkada tahun ini. “Jadi nakes kita swab pasien baru itu kita rapid, karena ndak menutup kemungkinan mereka juga mereka terpapar dan jadi sumber penularan di kecamatan,” pungkasnya. (jun)