Dikeluhkan Warga, Tumpukan Sampah di Kediri Diangkut

0
Tumpukan Sampah di Kediri diangkutnya oleh tim desa, kecamatan Kediri dan DLH Lobar. (suara ntb/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Sempat dikeluhkan warga akibat tak dibersihkan selama sepekan sehingga menimbulkan bau tak sedap, tumpukan sampah di jalur Kediri akhirnya diangkut oleh pihak desa bersama kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lombok Barat.

Camat Kediri, Hermansyah mengatakan, sampah di Kediri khususnya yang menumpuk di saluran jalan TGH Ibrahim yang berada di pusat kota berasal dari dari hasil pemotongan pohon akibat dari pembersihan terotoar untuk rencana penataan jalan tersebut. Sampah ini belum sempat diangkut, beberapa pekan terakhir.

IKLAN

“Tapi Alhamdulillah sudah diangkut, sehingga keluhan Masyarakat secara cepat bisa kita lakukan penanganan melibatkan stakeholder yang ada baik desa, DLH dan kecamatan,” jelasnya, Selasa, 30 Maret 2021.

Tim membersihkan sampah yang menumpuk di saluran-saluran, kemudian mengangkutnya ke TPS. Untuk penanganan sampah di daerah itu, memang butuh kerjasama semua stakeholder. “Memang harus dilakukan sinergitas dengan Semua pihak untuk menjaga Kota Kediri bebas sampah,” imbuhnya.

Harapannya ke depan, bagaimana ada kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah di saluran ini juga berasal dari sampah rumah tangga. Namun demikian, pihaknya tetap berkomitmen untuk selalu melakukan pembersihan dan upaya lain dalam menjaga kota santri bebas sampah.

Dan kaitan dengan akses di Kediri yang ditata menjadi jalur dua, menurut dia perlu dibarengi dengan upaya untuk menjaga kebersihan dan memberi edukasi kepada masyarakat bagiamana menjaga kebersihan lingkungan. (her)