Dikeluhkan Nakes, RSUD Asy Syifa Akui Belum Cairkan Jaspel 2020

Carloff Sitompul.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Beberapa hari terakhir para tenaga kesehatan (Nakes) di lingkungan RSUD Asy Syifa mengeluh. Pasalnya hingga kini dana jasa pelayanan (Jaspel) yang menjadi hak mereka belum dibayarkan pihak manajemen rumah sakit.

Informasi yang diperoleh media ini, dana Jaspel yang belum diterima para Nakes rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu untuk kegiatan pelayanan tahun 2020 lalu. Ada dua jenis Jaspel yang belum dibayarkan, yakni Jaspel pasien umum selama 12 bulan dan Jaspel pasien BPJS selama 7 bulan.

Iklan

Kondisi inilah yang kemudian membuat para Nakes mengeluh. Terutama bagi mereka yang berstatus tenaga honor dan kontrak di RSUD Asy Syifa. Menurut mereka di awal tahun seperti sekarang ini dana Jaspel itu menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Sebab untuk honorarium di tahun 2021 sama sekali nihil karena SK kontraknya belum direrbitkan.

“Memang biasanya dicairkan bertahap kepada semua Nakes baik itu PNS maupun honorer atau kontrak. Tapi sekarang Jaspel umum saja satu tahun penuh (2020) belum dibayarkan. Padahal itu kami harapkan sekali sekarang ini,” ungkap salah seorang Nakes honor RSUD Asy Syifa yang identitasnya enggan disebutkan.

Mengenai hal ini, pihak manajemen RSUD Asy Syifa sendiri tidak menampiknya. Melalui Direkturnya, dr. Carloff Sitompul menyatakan, jika dana Jaspel untuk tahun 2020 lalu belum sepenuhnya dibayarkan kepada para seluruh Nakes. “Iya memang seperti itu kondisinya (belum dibayarkan),” sebutnya saat dihubungi Suara NTB, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Carloff, belum dibayarkannya dana Jaspel itu bukan karena kesengajaan. Keterlambatan pembayaran dikarenakan kendala teknis administrasi. “Kita baru selesaikan DPA-nya (dokumen pelaksanaan anggaran). Tanpa itu kan kita tidak bisa cairkan dananya,” cetusnya seraya mengaku telah mengetahui keluhan para Nakes tersebut. “Kalau saja bisa cairkan langsung, pasti sudah dibayarkan. Tapi kan ada aturannya,” sambungnya.

Namun begitu, lanjut dia, saat ini pihaknya berkomitmen akan segera membayarkan dana Jaspel tersebut. “DPA-nya sudah selesai ya. Saya kira minggu ini bertahap sudah bisa mulai kita bayarkan,” janji Carloff tanpa merinci apakah akan membayarkan seluruhnya Jaspel tahun 2020 itu. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional