Dikbud Targetkan Semua Guru di Lotim Pandai Menulis

Selong (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menargetkan semua guru di Kabupaten Lotim pandai menulis tahun depan. Untuk mewujudkan target ini, pengembangan guru menulis nantinya dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Dikbud Lotim, Jujuk Ferdianto, pada Suara NTB, Senin, 8 Mei 2017.

Iklan

Menurutnya, pandai menulis bagi guru merupakan sebuah tantangan, apalagi berkaitan dengan kenaikan pangkat. hal ini tertuang dengan peraturan dari Kemenpan RB Nomor 16 tahun 2010 yang menjelaskan bagaimana seorang guru harus memiliki tulisan berstandar nasional.

Dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menulis ini, kata Jujuk, Dinas Dikbud bekerjasama dengan Universitas Hamzanwadi untuk melakukan bimbingan terhadap guru, sehingga hasil karya guru ke depan lebih bagus. Selain itu, layak untuk diterbitkan.

Adapun materi tulisan yang dikerjakan oleh para guru itu berdasarkan pengalaman di dalam kelas, baik dalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atupun sejumlah konsep di mana apa yang dirasakan oleh para guru ditulis. Tulisan dari para guru yang dinyatakan layak untuk diterbitkan juga dapat diperjualbelikan untuk digunakan sebagai alat  atau media pembelajaran.

Untuk lebih meningkatkan motivasi guru, katanya, saat ini sudah dilakukan bedah buku di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Sambelia, Terara dan lainnya. Dimana buku-buku yang diterbitkan atau dibedah itu merupakan karya dari para guru dan sudah dinyatakan lulus verifikasi dan berstandar nasional. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here