Dikbud Perketat Pemantauan, Sejumlah Proyek Rehabilitasi Sekolah di Lobar Tak Mencapai Target

Kabid Pembinaan SMP Dinas Dikbud Lobar M. Yusuf turun memantau proyek rehabilitasi gedung SMPN 1 Labuapi pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Sebagian besar proyek rehabilitasi gedung sekolah di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) sedang dikerjakan. Sebagian besar berjalan sesuai rencana dan target. Namun ada juga sejumlah proyek rehabilitasi gedung sekolah yang tak mencapai target alias deviasi minus. Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memperketat pemantauan pengerjaan proyek tersebut.

Seperti akhir pekan kemarin, tim Dinas Dikbud dipimpin Kabid Pembinaan SMP M. Yusuf turun memantau proyek rehab sekolah di sejumlah titik, termasuk di SMPN 1 Labuapi.

Iklan

Diakuinya, secara umum semua proyek rehabilitasi gedung sekolah dari DAK yang dikerjakan melalui lelang berjalan bagus, terutama progresnya. Bahkan dibanding Bali, berdasarkan hasil evaluasi oleh kementerian masih rendah, tapi di Lobar mencapai 81,5 persen. “Jadi kita tertinggi di Indonesia, bukan saja di NTB,” klaim Yusuf.

Dari sisi  kualitas juga sesuai dengan harapan dan yang direncanakan. Untuk pembayaran proyek sudah dilakukan tahap II. Ia menyebut, dari 10 paket proyek SMP yang dilelang dengan total Rp 12 miliar lebih sebagian besar sesuai target. Seperti halnya, SMPN 1 Labuapi sudah selesai dikerjakan, tinggal dilakukan PHO. Pihaknya pun turun dalam rangka pra PHO. Ada beberapa bagian yang diminta untuk dirapikan oleh rekanan, seperti sisa cat yang masih menempel di kaca jendela.

Namun, ungkapnya, dari sekian proyek rehabilitasi gedung sekolah terdapat beberapa paket proyek yang belum mencapai target alias minus. Proyek ini diakui minus sekitar 4 persen, dikarenakan kendala dana, karena penyaluran  termin II belum dilakukan. Proyek ini salah satu yang dikawal kejaksaan. “Tapi dalam minggu ini akan digenjot,” ujarnya.

Diakuinya, pemasangan belum dilakukan adalah jendela. Bahan jendela itu tinggal dipasang karena menggunakan baja ringan. Sedangkan untuk bagian atas sudah selesai. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional