Dikbud NTB Yakinkan UKG Berlangsung Objektif

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Drs. H. Muh. Suruji, menilai pelaksanaan tes Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan digelar Dikbud NTB dipastikan berlangsung objektif.

Objektivitas pelaksanaan tes UKG disebutnya lantaran menggunakan sistem komputerisasi. Mulai dari pelaksanaan tes, hingga penilaian hasil. Dia pun membantah pihak-pihak yang masih menyangsikan objektivitas pelaksanaan tes UKG.

Iklan

“Menyangkut UKG kalau ada yang mengatakan tidak transparan itu artinya perlu lebih sering cuci muka, lebih sering cuci otak, karena sudah sangat jelas panduannya, perlu banyak diskusi,” urainya menjelaskan.

Lebih jauh dijelaskan Suruji, panduan teknis pelaksanaan tes sudah jelas. Secara teknis tes akan dilaksanakan Direktorat Jenderal Guru.

“Sudah jelas siapa yang boleh tes.Karena ada panduan siapa yang akan melakukan tes, kemudian sistemnya komputer. Mereka akan menjawab langsung, siapa yang mengoreksi yaitu pusat, kita tidak boleh pegang soal,” ungkapnya.

Dituturkan, bahwa secara teknis keterlibatan pusat agar soal tes valid dan akuntabel, sehingga nanti hasilnya terukur. Adanya keterlibatan pusat ini untuk menghindari tuduhan yang tidak objektif dan lain sebagainya.

“Supaya jangan teman teman provinsi yang membuat nilai, supaya tidak ada timbul kecurigaan. Walaupun sudah jujur tapi bisa saja memunculkan kecurigaan makanya kita serahkan ke pusat,” terangnya. (dys)