Dikbud NTB Persilakan SMP Gunakan Sarana UNBK SMA dan SMK

Rusman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB mempersilakan SMP di kabupaten dan kota yang belum lengkap sarana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk menggunakan sarana milik SMA dan SMK. Masih banyak SMP di sejumlah daerah yang belum bisa melaksanakan UNBK pada tahun 2019. Bantuan sarana UNBK tahun 2020 pun masih belum bisa memenuhi kebutuhan sekolah.

“Kami dari Pemerintah Provinsi NTB, Dinas  Dikbud NTB mempersilakan untuk memanfaatkan komputer yang ada di sekolah kami, dengan catatan lebih bijak, tidak komputernya yang diangkat, tapi tempat ujian berpindah,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB, H. Rusman, SH., MH., Selasa, 26 November 2019.

Iklan

Rusman menegaskan, pihaknya tidak ingin mendengar ada SMP yang tidak melaksanakan UNBK, karena tidak ada komputer. Dikbud NTB memberikan atensi mengenai hal itu. Nantinya berkaitan dengan teknis peminjaman akan langsung dikelola oleh Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud NTB di setiap daerah.

Sementara itu, terkait sarana penunjang di SMA dan SMK, menurut Rusman juga masih belum sepenuhnya terpenuhi. Sebagian sekolah masih mengalami kekurangan meskipun sudah diberikan bantuan. Untuk persiapan UNBK tahun 2020 nanti, Dikbud NTB juga sudah memberikan bantuan komputer ke sejumlah sekolah.

“Bantuan komputer sudah jalan. Kami berharap di tahun 2021 sudah tuntas semua. Saat ini masih ada beberapa sekolah yang meminjam, selain dari siswa juga meminjam dari tempat lain. padahal meminjam barang elektronik ini yang sensitif,” katanya.

Menurutnya pelaksanaan UNBK menjadi penting, karena mendapatkan nilai ujian bisa lebih cepat, juga menjaga integritas, karena menyulitkan siswa mencontek. Selain itu, meski pun tidak menjadi syarat utama kelulusan, Rusman meminta kepala sekolah, orang tua siswa, dan siswa untuk tetap mempersiapkan diri dengan maksimal. “Mengejar nilai UN yang baik, walau pun bukan syarat kelulusan, bagaimana kami bisa menguji kepala sekolah dan guru, kalau tidak ada parameter, salah satu parameternya adalah nilai UN yang baik,” katanya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here