Dikbud Beri Penghargaan Guru SLB dan Inklusi

Kepala Dinas Dikbud NTB, H. Aidy Furqan (tiga dari kiri) saat menyerahkan apresiasi kepada guru yang telah menerbitkan buku, pada Senin, 29 Juni 2020. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala sekolah dan guru dari SLB dan sekolah inklusi yang menerbitkan buku. Penghargaan itu diberikan saat apel di halaman kantor Dinas Dikbud NTB, Senin, 29 Juni 2020.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., mengatakan, apresiasi dan penghargaan itu atas prestasi dan dedikasi para guru dalam dunia pendidikan dengan menghasilkan karya berupa buku referensi atau penunjang pembelajaran.

Iklan

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Hj. Eva Sofia Sari, S.Pd., M.Pd., ditemui kemarin mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada guru SLB dan sekolah inklusi itu untuk guru yang sudah menghasilkan buku terbit. Penghargaan itu serupa dengan penghargaan yang diterima sebelumnya oleh guru jenjang SMA dan SMK yang menerbitkan buku.

“Tujuan untuk memotivasi, dengan penghargaan itu kita menginginkan guru-guru itu lebih punya semangat tinggi untuk berkarya lagi, terutama untuk SLB dan inklusi,” kata Eva.

Sebanyak tujuh orang guru yang menerima penghargaan itu. Eva menjelaskan buku yang dihasilkan oleh para guru itu berupa buku bahan ajar sesuai dengan bidang yang diampu. Terbitnya buku-buku itu bisa digunakan oleh guru lain, juga bisa dipedomani oleh guru lain untuk mengajar anak di kelas. “Bisa juga untuk memperkaya ilmu bagi guru yang lain,” katanya.

Eva menjelaskan, dengan guru menulis dan menerbikan buku, maka guru itu mau berinovasi. Guru juga bisa terus mengasah dirinya agar semakin berkembang dan maju.

Nama kepala sekolah dan guru berprestasi itu yaitu Drs. Agung Wijayanto, M.Phil.SNE., dari SLB Negeri 1 Mataram dengan judul buku Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X SMALB Tunanetra, Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X SMALB Tunanetra, Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII SMALB Tunanetra, Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII SMALB Tunanetra.

  LPMP Terima 1503 Permintaan Informasi dan Pengaduan Pendidikan

Abas, S.Pd.,M.Pd., dari SLB Negeri 1 Lombok Barat dengan judul buku Buku Pelajaran Tematik SMPLB Tunanetra Kelas. Baiq Minarniwati, S.Pd., dari SLB Negeri 1 Lombok Barat dengan judul buku Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 tema 5 Kepemimpinan untuk SMPLB Tunanetra Kelas 9 tahun 2016, Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 5 Kepemimpinan untuk SMPLB Tunanetra kelas 9 tahun 2016.

Selain itu, Ludfia Ida Variani, S.Pd, M.Si., dari SLB Negeri 1 Mataram dengan judul buku antara lain Buku Guru Tematik Kelas III Autis Tema 7 Bencana Alam Tahun 2017, Buku Siswa Tematik Kelas III Autis Tema 7 Bencana Alam Tahun 2017, Buku Guru Tematik Kelas I Autis Tema 7 Peristiwa Alam Tahun 2018, Buku Siswa Tematik Kelas I Autis Tema 7 Peristiwa Alam Tahun 2018, dan beberapa buku lainnya.

Gunawan Wiratno, S.Pd., dari SLBN 1 Sumbawa Barat dengan judul buku  Syair Sang Teratai 2015, dan Menuju Sekolah Inklusi (Tantangan dan Solusi Pendidikan Inklusi) 2020. Siti Nurita Laila, S.Pd., dari SD Negeri 6 Mataram) dengan judul buku Cuaca dan Musim.Tema 1 Buku Siswa Untuk Kelas IV SDLB Tunanetra (2014), Cuaca dan Musim.Tema 1, Buku Guru Untuk Kelas IV SDLB Tunanetra (2014), dan sejumlah buku lainnya.

Selain itu, Himanto dari SDN 1 Jembatan Gantung dengan judul buku Buku kelas 2 dalam keluarga, Buku kelas 3, tema 5 buah di sekitarku, Buku kelas 4 tema 5 sub tema bermain sambil belajar, dan Buku kelas 5 tema 1 aku dan sekolahku sub tema guruku. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here