Dijanjikan Kuota Internet Gratis, Mahasiswa Baru Peserta PKKMB Daring

Ruspan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah menginstruksikan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020 agar dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan PKKMB dengan metode daring akan memanfaatkan media kreatif atau teknologi informasi.

Konsekuensinya perguruan tinggi harus menyiapkan anggaran khusus bagi peserta yang akan mengikuti PKKMB daring. Mengingat waktu yang panjang, tentu saja peserta membutuhkan kuota internet lumayan banyak.

Iklan

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Unram, Drs. Ruspan, M.Ak., memastikan akan mengusahakan pemberian kuota internet gratis bagi peserta PKKMB.  “Kuota sudah pasti diusahakan karena kalau tidak ada kuota kegiatan tidak bisa berjalan. Saya sudah sampaikan ke Rektor Unram,” ungkap Ruspan.

Sementara untuk durasi pelaksanaan sudah dipersingkat dibanding dengan pelaksanaan PKKMB secara normal. Hal itu menanggapi simpang siurnya jadwal yang sempat beredar di mahasiswa baru. “Jadwal itu tidak resmi dan belum fix, jadwal PKKMB akan dirilis dalam waktu dekat,” tutupnya

Sebelumnya Unram telah menjadwalkan kegiatan PKKMB dijadwalkan akan berlangsung mulai 15-17 Juli mendatang. Namun keputusan itu diundur hingga bulan Agustus mendatang.

Pada PKKMB tahap pertama ini nantinya akan diikuti peserta sebanyak 983 mahasiswa baru yang telah lulus seleksi jalur SNMPTN. Mereka semuanya dijanjikan kuota internet gratis sebelum mulai mengikuti PKKMB daring.

Wakil Rektor II Bidang Keuangan Unram Prof. Dr. Kurniawan, menjelaskan rencana pemberian kuota internet gratis bagi seluruh peserta PKKMB masih dalam tahap pembahasan, sehingga belum dipastikan berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk belanja internet. “Untuk kegiatan PKKMB Kita masih bahas dan juga menanyakan konsultasi ke BPKP selaku pemeriksa,” urainya.

Ada dua alternatif model pemberian kuota internet gratis pada mahasiswa baru peserta PKKMB, yakni diberikan kampus dalam bentuk pulsa langsung atau pemberian uang tunai. Selanjutnya mereka sendiri yang akan membeli kuota internet.

  Bupati Dompu Segera Hapus Larangan Siswa Bawa Ponsel ke Sekolah

“Apakah tetap akan diberikan dalam bentuk kuota pulsa 11-15 GB tergantung provider, seperti saat perkuliahan semester kemarin atau kita akan berikan dalam bentuk dana Rp50 ribu dan mereka sendiri yang akan membeli. Intinya nilainya sama,” ungkapnya.

Memastikan seluruh mahasiswa baru peserta PKKMB akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis, Kurniawan menjawab bahwa semuanya akan diberikan bantuan kuota internet gratis. “Untuk bantuan iya, cuma pelaksanaan kalau ndak salah akan dibagi dua yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN dan Jalur Mandiri,” jelasnya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here