Diguyur Hujan Deras, Dompu Tergenang Banjir

Mataram (suarantb.com) – Usai Bima, kini wilayah Kabupaten Dompu yang tergenang air bah. Senin, 3 April 2017 sekitar pukul 16.00-19.00 WITA banjir melanda sejumlah kecamatan di Dompu.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD NTB, Mohammad Rum, lokasi yang tergenang banjir diantaranya Kecamatan Dompu yaitu di Kelurahan Potu, Bada, Karijawa dan Desa Kareke, Kecamatan Woja yaitu di Kelurahan Simpasai, Kandai Dua, Desa Wawonduru, Kelurahan Montabaru, Desa Baka Jaya dan Desa Saneo, serta di Kecamatan Kilo yang menggenangi Desa Kramat.

Iklan

Menurut Rum, banjir ini terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur sejak pukul 13.30-16.30 WITA secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Dompu. “Ini yang jelas karena curah hujan yang tinggi,” ucapnya melalui pesan singkat.

Berdasarkan data sementara yang diterima BPBD NTB, terdapat sekitar 80 KK di di Lingkungan Magenda dan Lingkungan Soriwono Kelurahan Potu terendam air dengan ketinggian 1-2 meter, 15 KK di Lingkungan Pelita Kelurahan Bada terendam banjir setinggi 0.5-1 meter, 40 KK di Dusun Kareke Desa Kareke, terendam setinggi 0.5-1 meter, 50 KK di Lingkungan Kamporato dan Lingkungan Karijawa Selatan Kelurahan Karijawa terendam air setinggi 0.5-1 meter, 35 KK di Lingkungan Manggemaci Kelurahan Simpasai terendam air setinggi 0.5-1 meter.

Demikian pula 65 KK di Lingkungan Ginte dan Lingkungan Kandai Dua Barat Kelurahan Kandai Dua terendam banjir setinggi 1-1,5 meter, 100 KK di Dusun Kamporato, Wawonduru Timur dan Wawonduru Barat Desa Wawonduru tergenang air dengan ketinggian 1-2 meter, 20 KK di Lingkungan VI Kelurahan Montabaru terendam air dengan ketinggian 0.5-1 meter, 25 KK di Dusun Ama Maka Desa Baka Jaya terendam air setinggi 1-2 meter dan 12 KK di Dusun Enca Desa Kramat terendam banjir setinggi1-2 meter.

Selain itu, seorang warga atas nama Suhardono karyawan PT NK yang bekerja sebagai operator ekskavator diduga terseret banjir. Empat motor yang terparkir di lokasi juga terseret banjir. “Info dari lapangan hingga pukul 21.16 WITA malam ini korban belum ditemukan. Sementara ekskavator sudah ditemukan,” katanya.

Tak hanya merendam rumah warga, banjir ini juga mengakibatkan jembatan di Desa Katua penghubung Dusun Legara dan Transad di Kecamatan Dompu rusak. Jalan provinsi yang melalui Dusun Enca Desa Kramat juga rusak akibat hantaman banjir. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here