Digaji Rp 14,7 Juta Per Bulan, Banyak Lulusan SMKN 1 Lembar Bekerja di Luar Negeri

Lulusan SMKN 1 Lembar yang diterima bekerja di luar negeri. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) -Banyak lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lembar Lombok Barat bekerja di luar negeri, seperti di Jepang, Taiwan, Peru dan negara lainnya. Para alumni ini memperoleh gaji tinggi berkat keterampilan dan serifikat yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SMKN 1 Lembar.

Kepala SMKN 1 Lembar, Ahmad Quroni mengatakan selama tiga tahun terakhir sudah banyak lulusan SMKN 1 Lembar diterima bekerja di beberapa negara. Tahun 2018, tercatat lulusan SMKN 1 Lembar yang diterima bekerja di luar negeri sebanyak 12 orang, 2019 sebanyak 22 orang dan tahun 2020 sebanyak 17 orang. Tahun 2021 ada 21 orang lulusan yang diterima berkerja. “Banyak lulusan kita yang diterima bekerja di luar negeri,”jelas dia kemarin. Ada juga yang siap berangkat sebanyak 21 orang.

Iklan

Lulusan yang tercatat bekerja ini baru yang diterima di Jepang. Sedangkan untuk negara lain belum didata jumlahnya. Belum lagi, kata dia, lulusan yang bekerja di dalam negeri dan membuka usaha sendiri secara mandiri. “Seperti di perusahaan penyeberangan Lembar juga ada,”jelasnya.

Dari sisi gaji, lukusan yang bekerja di Jepang memperoleh Rp14,7 juta per bulan untuk tiga bulan pertama. Jika memasuki dua tahun, gaji yang diperoleh mencapai Rp21-22 juta per bulan. Dengan peluang kerja dan penghasilan, maka tidak salah jika SMK memang sekolah untuk menyiapkan lulusan siap kerja. Bahkan bisa membuka usaha sendiri.

Di antara lulusan yang bekerja di dalam negeri sudah berhasil menduduki jabatan manajer perusahaan. Selain itu-ada beberapa lulusan menjadi mualim kapal di penyeberangan Bakaheuni-Merak. Lulusan ini mampu menempati posisi atas di perusahaan karena melanjutkan pendidikan. “Tapi paling tidak mereka sekolah di sini dan lulusan kami,”ujar Quroni. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional