Didukung PBB dan PKB, Umi Eri-HI Solidkan Pemenangan Pilkada

Hj. Eri Ariyani H. Bambang bersama H. Ichtiar, SH diapit Ketua dan Sekretaris DPC PKB dan DPC PBB Kabupaten Dompu pada konferensi pers di posko pemenangan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Dompu, Hj. Eri Ariyani H. Bambang-H. Ichtiar, SH kelurahan Kandai Dua Dompu, Rabu, 17 Juni 2020.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pasangan Bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Dompu, Hj. Eri Ariyani H. Bambang-H. Ichtiar, SH semakin solid menghadapi Pilkada Dompu 9 Desember 2020 mendatang. Setelah PBB memutuskan mengusung pasangan ini melalui keputusan DPP PBB pada 17 Januari 2020 lalu, kini PKB secara terang-terangan menyatakan arah dukungannya pada pasangan istri Bupati Dompu ini.

Bakal Calon Bupati Dompu, Hj. Eri Ariyani H. Bambang-H. Ichtiar, SH.(Suara NTB/ula)

Momen silaturahmi di posko pemenangan Hj. Eri Ariyani H. Bambang-H. Ichtiar, SH di Kandai Dua Dompu, Rabu, 17 Juni 2020 adalah kali pertama PKB secara terbuka menyatakan dukungannya. Ketua dan Sekretaris DPC PKB bersama Ketua dan Sekretaris DPC PBB hadir lengkap mendampingi Hj. Eri Ariyani H. Bambang dan H. Ichtiar, SH.

Iklan

Hj. Eri Ariyani H. Bambang dalam keterangan persnya usai pernyataan dari Ketua DPC PKB Dompu, H Muhammad Amin, S.Pd dan Ketua DPC PBB Dompu, Syafruddin, SH di posko pemenangannya mengaku, pernyataan Ketua DPC PKB Kabupaten Dompu sebagai berita yang luar biasa. Karena posisi PKB menjadi tanda tanya semua pihak, kemana arah dukungannya untuk Pilkada Dompu. Tapi dirinya tetap yakin, pada waktunya Ketua PKB bisa dihadirkan untuk memberikan pernyataan dukungan pada pasangan Eri-HI.

“Hari ini pak Ketua, baik ketua PKB, Ketua PBB. Saya sudah lega. Hari ini terjawab sudah apa yang menjadi tanda tanya selama ini,” tegas Hj. Eri Ariyani.

Selain PBB dan PKB, Hj. Eri mengaku, masih menunggu keputusan dari partai Nasdem. Partai ini akan menentukan arah dukungannya pada hasil survei dan ada 2 pasangan yang disurvei, salah satunya pasangan Hj. Eri Aryani-H. Ichtiar.

“Saya tidak mengundang Baba Liang (Suryanto Taufik, Ketua Partai Nasdem Kabupaten Dompu) karena menunggu hasil survei. Insyaallah Baba Liang akan melirik Amancawanya (saudara perempuannya, Hj. Eri Ariyani),” kata Hj. Eri Ariyani.

Sebelumnya Ketua DPC PKB Kabupaten Dompu, H. Muhammad Amin, S.Pd dalam konferensi pers di posko pemenangan Umi Eri-HI mengungkapkan tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati Dompu hingga proses fit and propertes di DPP PKB. Dari 4 bakal calon yang mendaftar di DPC PKB, yaitu Hj. Eri Ariyani (calon Bupati), H. Ichtiar (calon wakil Bupati), Hj. Nurlaela Chaerunnisa (calon wakil Bupati), dan Arifuddin (wakil Bupati yang mencalonkan diri sebagai Bupati). Tapi Arifuddin tidak bisa menentukan calon wakilnya hingga batas waktu yang ditentukan DPW PKB, sehingga pasangan Eri-HI, dan pasangan Abdul Kader Jaelani-Hj Nurlaela Chaerunnisa yang direkomendasikan ke DPP mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Dalam perjalanan waktu, lanjut M. Amin, Hj. Nurlaela Chaerunnisa mengundurkan diri dari pencalonan sebagai wakil Bupati. Sehingga menyiasakan satu pasangan calon untuk Pilkada Dompu melalui PKB yaitu Eri-HI. “Sehingga saya disuruh oleh Ketua wilayah untuk berkoordinasi terus, untuk menyosialisasikan pasangan ini. Insyaallah kalau tidak ada halangan, mungkin dalam bulan ini SK-nya akan keluar,” kata H M Amin.

Ia pun menegaskan komitmen DPC PKB Kabupaten Dompu untuk mendukung pasangan Hj. Eri Ariyani-H. Ichtiar, SH (Eri-HI) di Pilkada Dompu 9 Desember 2020 mendatang. “Kami segenap DPC PKB Kabupaten Dompu siap mendukung dengan segala kemampuan kami untuk pasangan ini,” tegasnya disambut gembira para pendukung pasangan Eri-HI di posko pemenangan.

Ketua DPC PBB Kabupaten Dompu, Syafruddin, SH pada kesempatan yang sama langsung menyampaikan apresiasinya kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Dompu atas pernyataan dukungannya. Itu menunjukan bahwa pasangan yang didukung PBB ini telah siap didaftarkan ke KPU sebagai pasangan calon Bupati dan wakil Bupati. Dukungan kedua partai ini melengkapi syarat minimal 6 kursi (20 persen kursi DPRD Dompu).

“Pernyataan (dukungan) secara langsung oleh ketua PKB, bisa saya katakan, Eri-HI adalah calon yang sudah siap (didaftarkan ke KPU). Karena memang, PBB sudah menunjukan sikap sejak 17 Januari 2020 dukungannya, dan sudah diserahkan secara simbolis di DPP,” tegasnya.

Sementara bakal calon Wakil Bupati Dompu, H. Ichtiar, SH pada kesempatan yang sama menegaskan, sebagai ASN telah mengajukan pensiun dini dan saat ini sedang diproses di BKN. Karena syarat seorang ASN mengikuti Pilkada, harus melepaskan status kepegawaiannya. “Saya bukan mengundurkan diri, tapi mengajukan pensiun. Saking siapnya saya mengikuti Pilkada 2020,” tegasnya. (ula)