Diduga Simpan Sabu, Dua Guide di Gili Trawangan Ditangkap

Mataram (suarantb.com) – Dua orang pemandu wisata (guide) di Gili Trawangan ditangkap polisi karena diduga memiliki dan menyimpan sabu. Penangkapan tersebut berkat informasi masyarakat terkait sering dilakukannya transaksi narkoba diduga dilakukan  oleh pelaku.

Kasubdit III Ditresnarkoba Polda NTB, AKBP Anak Agung Gede Agung, mengatakan penangkapan pelaku dilakukan pada 4 Desember lalu. Bermula pelaku berinisial AN (37) alias Senduk ditemukan membawa sabu. Kemudian dari keterangan AN, ditangkap juga rekannya berinisial FR (28).

Iklan

“Kami melihat ada indikasi peredaran narkoba di sana. Kemudian kami melakukan penggerebekan di salah satu kamar kos di Gili Trawangan. Ditemukan pelaku berinisial AN alias Sendok,” ujarnya, saat menggelar keterangan pers di Mapola NTB, Selasa, 13 Desember 2016.

Dari tangan pelaku ditemukan barang bukti berupa narkoba jenis sabu dengan berat 4,08 gram di sebuah bungkus rokok, satu buah kotak warna hitam yang di dalamnya terdapat sabu, satu buah tas kecil yang di dalamnya terdapat sabu, sebuah bong, pipet, timbangan elektrik, dan plastik transparan.

“Dari keterangan pelaku, kami kemudian melakukan penggerebekan terhadap FR. Pada tangan FR ditemukan pula narkoba jenis sabu,” jelasnya.

Adapun modus operandi FR yang diduga mengedarkan sabu dengan menaruhnya di dalam lipatan peci yang sering ia kenakan.
“Pada pecinya terdapat plastik transparan berisi narkoba jenis sabu seberat 5,31 gram, dan juga uang tunai Rp 6,1 juta,” bebernya.
Kedua pelaku kemudian diamankan di Mapolda NTB guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kedua pelaku disangkakan melanggar pasal 114 ayat (1) dan ayat (2) jo pasal 112 ayat (1) dan ayat (2) jo pasal 127 ayat (1) huruf a undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Peredaran narkoba di lokasi wisata memang bukanlah hal yang baru. Pelaku seringkali mengedarkan narkoba pada setiap wisatawan baik asing maupun lokal. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here