Diduga Ilegal, Satu Truk Kayu Diamankan Kodim Dompu

Dompu (Suara NTB) – Satu unit truk bermuatan 49 batang kayu olahan berhasil diamankan Unit Inteldim 1614/Dompu, Rabu, 17 Mei 2017 pukul 02.00 Wita. Kayu tersebut diduga hasil pembalakan liar di kawasan hutan Mata Kecamatan Terano Kabupaten Sumbawa.

Danunit Inteldim 1614/Dompu Lettu Kav M. Kasim mengatakan barang bukti ini diangkut menggunakan truk Bernopol EA 8487 SZ dengan tujuan pembokaran UD. Dr di Desa Kwangko. “Setelah dilakukan pengecekan pemilik truk tidak dapat menunjukan surat izin angkut dan dokumen surat kayu tersebut,” jelasnya menjawab Suara NTB via aplikasi WhatsApp, Jumat, 19 Mei 2017.

Iklan

Sebelum memeriksa dan mengamankan kayu berbentuk balok ini pihaknya terlebih dahulu melakukan pengintaian di perbatasan Dompu-Sumbawa. Karena berdasarkan laporan masyarakat di wilayah tersebut sering ditemukan truk melintas membawa kayu diduga hasil pembalakan liar. Biasanya lanjut dia, waktu operasi para sopir dan pemilik kayu ini malam hari saat sepi aktivitas masyarakat.

“Saya bersama tiga orang anggota melakukan pengendapan sekitar Pukul 22.00 Wita, memantau pergerakan para pelaku. Kemudian pada Pukul 02.00 Wita kita berhasil melakukan pemeriksaan dan penyitaan barang bukti,” ujarnya.

Barang bukti yang berhasil diamanakan dalam giat operasi ini sebut dia, diantaranya kayu rimba campuran jenis Heci 13 batang, kayu jenis Impi 36 batang dengan ukuran masing-masing bervariasi. Saat diperiksa, tambah Kasim, sopir truk yakni Hamdan tidak bisa menunjukan surat izin angkut serta dokumen kepemilikan kayu. Untuk itu pihaknya kemudian menyita barang bukti ini sebagai bahan pengembangan penyelidikan.

“Hasil pemeriksaan kita terhadap sopir, dia tidak dapat menunjukan surat-surat atau dokumen kayunya, makanya kami amankan,” ungkapnya.

Atas temuan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama-sama menindaklanjutinya, terutama untuk menindak para pelaku penebangan liar termasuk gudang setempat yang membeli kayu ilegal tersebut. “BB kita amankan dan langsung kita koordinasikan dengan intansi-instansi terkait,” pungkasnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here