Diduga Hasil Pembalakan Liar, Satu Truk Kayu Diamankan Polres Dompu

Dompu (suarantb.com) – Polres Dompu mengamankan satu unit truk yang memuat kayu sebanyak 1.420 batang diduga hasil pembalakan liar. Truk bernomor polisi EA 8356 XZ diperiksa di Desa Labuan Kenanga, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Dra Tri Budi Pangastuti menjelaskan kejadian tersebut terjadi pada pukul 21.00 Wita, Senin 26 September 2016. Truk yang dikemudikan pelaku berinisial AR diduga melakukan pengangkutan kayu dari UD. B milik AP.

Iklan

“Sebanyak 1.420 batang kayu berhasil disita. Kayu tersebut rencana akan diantarkan dengan tujuan ke UD. PM milik seorang wanita berinisial N di Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu,” ujar Tri Budi saat dihubungi suarantb.com, Rabu 28 September 2016.

Kemudian sekitar pukul 06.00 Wita, Selasa 27 September 2016 dilakukan pengecekan oleh Polres Dompu bersama Pegawai Kesatuan Pengelola Hutan (KPH). Hasil ceknya, pengangkut kayu hanya dilengkapi nota angkut, tanpa ada dokumen lainnya.

“Pengangkut kayu tersebut hanya dilengkapi surat berupa nota angkutan. Sehingga truk beserta sopir dibawa ke Polres Dompu,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil disita polisi, yakni satu unit truk, 1.420 batang kayu dengan volume 14.159 meter persegi, dan surat berupa nota angkut. Hingga saat ini Polres Dompu telah berkoordinasi dengan dinas kehutanan setempat untuk bersama-sama melakukan lacak balak.

Polres Dompu juga telah mengirim surat ke Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BP2HP) Denpasar, guna menunjuk ahli dalam melakukan lacak balak. Selain itu pihak kepolisian melakukan pengecekan kesesuaian dokumen dengan kayu yang diangkut. (szr)