Di Tengah Pandemi, Program Perumahan dan KOTAKU Tetap Berlanjut

H. Burhanuddin. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Sumbawa telah mengusulkan keberlanjutan program perumahan ke pemerintah pusat pada tahun ini. Namun berapa kuota yang diberikan, masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas PRKP Sumbawa, H. Burhanuddin MTP, kepada Suara NTB, Rabu, 3 Maret 2021. Untuk program BSPS telah diusulkan perbaikan 500 unit rumah tidak layak huni ke pusst. Melalui Balai Penyediaan Perumahan NTB. Selain usulan melalui DAK Perumahan. “Cuma berapa yanh disetujui masih menunggu kepastian dari pusat,”terangnya.

Iklan

Selain program perumahan, program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) juga bakal terus berlanjut di Sumbawa. Pemerintah pusat telah menganggarkan dalam APBN untuk pelaksanaan program dimaksud. Khusus tahun ini, Sumbawa mendapat jatah tiga lokasi. Yakni di Kelurahan Samapuin, Kelurahan Brang Bara dan Kelurahan Lempe. “Besar anggaran Rp. 300 Juta perlokasi,”sebutnya.

Program tersebut akan dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Item pengerjaan diantaranya, sanitasi maupun jalan lingkungan. Dengan sistem padat karya. “Kini sedang dilakukan sosialisasi di tiga Kelurahan. Diperkirakan April mulai dikerjakan,” terang H. Bur, panggilan akrabnya. (arn)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional