Di Tengah Pandemi Covid-19, Komunitas Gubuk Belajar Dasan Geres Siapkan Lapak Baca

Anak-anak belajar di lapak baca yang disiapkan  Komunitas Gubuk Belajar di posko KMPS Lapan Beleq Kelurahan Dasan Geres. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Dampak pandemi Covid-19, sekolah ditutup hampir setahun lebih. Anak-anak pun tidak maksimal belajar. Kebanyakan mereka menghabiskan waktu untuk bermain. Situasi ini mendorong para pemuda di Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Lapan Beleq Lingkungan Dasan Geres Tengah Kelurahan Dasan Geres Kecamatan Gerung membuat sebuah komunitas gubuk baca dengan menyediakan buku dan lapak atau tempat baca bagi anak-anak sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA hingga kalangan umum.

Wakil Ketua KMPS Lapan Beleq M. Tamrin mengatakan KMPS ini tidak saja fokus pada persoalan kebersihan lingkungan saja. Namun juga melakukan edukasi dan pembelajaran ke anak-anak sekolah yang ada di sekitar daerah itu. “Kami di sini memiliki komunitas gubuk belajar, dan itu sinkron dengan kondisi sekarang, kondisi pandemi. Kita prihatin dengan adik – adik ada yang sudah kelas III dan kelas IV belum bisa calistung, makanya kami berperan di situ,” ungkapnya, Rabu, 1 September 2021.

Iklan

Di gubuk baca itu, disiapkan buku dan lapak baca. Buku-buku yang dimiliki saat ini, seperti buku bacaan, LKS untuk anak-anak SD. Ada juga buku novel, kebanyakan dipinjam ke para remaja. Terdapat 300 judul buku yang dimiliki saat ini. “Kami ingin meningkatkan minat literasi dan mengurangi ketergantungan gadget,” jelas dia.

Sejauh ini banyak peminat. Ia membuka jadwal setiap Sabtu pagi, namun setiap hari ada saja anak-anak yang datang membaca buku. Bahkan ada beberapa pihak yang memberikan sumbangan buku. Pihaknya akan menyiapkan tempat yang lebih representatif lagi. Ia menambahkan, gubuk belajar itu dibentuk dari swadaya kelompok sejak tiga bulan terakhir.

Sementara itu, Lurah Dasan Geres, Hulaifi mengatakan kampung gubuk belajar ini sangat bagus untuk mendorong anak-anak tidak lagi bermain gadget. Apalagi di tengah kondisi pandemi ini, sehingga pihak kelurahan pun ikut mendukung dengan menyumbang buku dan sarana prasarana lainnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional