Di Sekotong, Warga Rela Turun Gunung untuk Divaksin

Kepala UPT BLUD Puskesmas Sekotong melayani vaksinasi hingga malam hari, Senin, 4 Oktober 2021.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Antusias warga di Lombok Barat (Lobar) untuk mendapatkan vaksin begitu tinggi. Contohnya warga yang tinggal di daerah pegunungan Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong sampai rela turun gunung dan jalan kaki sejauh 2 kilometer demi untuk dapat vaksinasi.

SEPERTI masyarakat Dusun Loang Batu dan Dusun Lebah Suren. Meski berada di daerah perbukitan terpencil dengan jarak perumahan antar penduduk berjauhan, bahkan ada yang tinggal di ladang yang jauh di tengah hutan. Meski demikian, ratusan penduduk berbondong-bondong mendatangi lokasi pelaksanaan vaksin di Dusun Lebah Suren, Senin, 4 Oktober 2021.

Iklan

Hingga menjelang waktu salat Isya,ratusan warga di daerah perbukitan ini terus berdatangan menyerbu posko vaksin. “Ada warga kami sekitar 10 orang yang rela berjalan kaki menempuh jarak 2 kilometer untuk minta di vaksin,”ujar Rahman, Kadus Loang Batu Selatan.

Menurut Rahman,tingginya antusias warga yang datang disebabkan oleh adanya kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya vaksinasi. “Sudah kami umumkan lewat pengeras suara di masjid saat salat Jumat. Selain itu dengan cara langsung mendatangi warga dari rumah ke rumah,” jelas Rahman.

Dusun Loang Batu Dan Dusun Lebah Suren merupakan dusun yang memiliki kepala keluarga sebanyak 420 KK dengan jumlah penduduk layak vaksin sebanyak 620 jiwa. Angka vaksinasi di kedua dusun ini tergolong kecil. Hal itu disebabkan oleh letak geografis yang cukup jauh dari kantor desa. Namun dengan mendekatkan pelayanan, warga datang berbondong-bondong ke tempat pelayanan vaksin.

Kepala UPT BLUD Puskesmas Sekotong, drg.I Nyoman Adnyana Putra mengatakan, untuk jadwal hari pertama grebek dusun ini pihaknya diberikan jatah 1.000 lebih vaksin. Itu dibagi dengan Desa Buwun Mas dan Sekotong Tengah. Pihaknya menerjunkan tim hingga malam hari untuk pelayanan vaksin. Bahkan ia juga ikut terjun langsung lembur melayani masyarakat yang begitu antusias ikut vaksinasi. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional