Di Pilkada Sumbawa, Dukungan PDI-P Kembali ke Husni?

H. M. Husni Djibril. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dukungan PDI-P di Pilkada Kabupaten Sumbawa, dikabarkan tetap akan jatuh kepada H. M. Husni Djibril. Informasi itu juga sudah santer tersiar di internal partai banteng moncong putih tersebut.

Sekretaris DPD PDI-P NTB, Lalu Budi Suryata yang dikonfirmasi terkait hal itu Senin, 20 Juli 2020 di DPRD NTB usai dia mengikuti rapat paripurna memilih bungkam. Ia enggan untuk menanggapi terkait dinamika pilkada Sumbawa.

Iklan

“Untuk Sumbawa jangan saya comment dulu ya, saya no comment saja. Silahkan konfirmasi langsung ke pak Ketua DPD,” ucap Budi. Dia hanya menerangkan untuk Sumbawa tengah berproses di DPP.

Sementara itu, di tempat terpisah, anggota desk Pilkada DPD PDI-P NTB, Raden Nuna Abriadi yang juga dikonfirmasi menyampaikan jika informasi yang menyebutkan DPP PDI-P tetap menghendaki mengusung Husni Djibril itu, belum bisa dikonfirmasi. Pasalnya jika benar, pasti DPP sendiri yang akan menyampaikannya langsung.

“Meskipun de facto-nya kita usulkan calon ke DPP, tapi kan de jure-nya belum. DPP sampai saat ini belum mengumumkan apapun tentang Sumbawa, kita tunggu sajalah keputusan DPP,” ujarnya kepada Suara NTB.

Untuk Pilkada Sumbawa, PDI-P menggodok dua nama yakni Husni Djibril dan pasangan Mahmud Abdullah-Dewi Noviany. Raden Nuna pun menegaskan bahwa apapun yang menjadi keputusan DPP, pihaknya di daerah akan tunduk melaksanakannya.

“Intinya, apapun yang jadi keputusan DPP, kita akan taat, tegak lurus melaksanakan keputusan itu. Kita siap memenangkan siapapun calon yang diputuskan DPP,” tegasnya.

Sementara, Husni Djibril sendiri yang dikonfirmasi terkait dengan kesiapannya untuk kembali tampil maju periode keduanya di Pilkada Sumbawa, juga memilih tak bicara. Dia tak memberikan respon saat dihubungi via pesan singkat WhatsApp.

Sebelum dikabarkan Husni Djibril akan tetap maju dengan atau tanpa dukungan PDI-P. Ada partai Demokrat yang berkomitmen siap memberikan dukungan kepada Husni.

Ketua DPD Partai Demokrat NTB, TGH. Mahalli Fikri yang dikonfirmasi terkait hal tersebut menyampaikan bahwa pihaknya tak mengusulkan nama Husni Djibril ke DPP. Keputusan itu dilakukan karena Husni telah menyatakan diri mundur dari pencalonan.

“Tidak ada, karena pak Husni sudah menyatakan diri tidak maju, disebabkan kondisi kesehatan beliau. Karena itu, untuk sementara sikap Demokrat tidak bicara tentang Husni Jibril. Yang nanti dan akan, nanti saja dibicarakan,” ungkapnya, Senin (207).

Sebelumnya di tempat terpisah, kandidat balon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany yang menjadi rival Husni merebut dukungan PDI-P mengatakan bahwa dirinya meskipun masih menaruh harapan, akan tetapi sudah tidak memaksa harus mendapatkan dukungan dari PDI-P. Sebab, dirinya sudah mendapatkan tiket dukungan dari sejumlah partai politik dan telah memenuhi persyaratan untuk didaftarkan ke KPU.

“Bisa jadi PDI-P juga, kita berdoa saja, tapi saya juga endak boleh maksa, kan juga sudah penuhi syarat untuk ke KPU. Kita percaya PDI-P pasti akan melihat hasil survei dalam mengambil keputusan,” katanya. (ndi)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional